Lain-lain
 
Senin, 22/06/2015
SUKSES MEMULAI USAHA MESKI USIA TAK LAGI MUDA

Tak ingin kalah dengan prestasi gemilang yang ditorehkan para pengusaha muda di Indonesia, Yosef Krismantoyo (57) mencoba menekuni usaha meski usianya kini sudah tak lagi muda. Pertama kali terjun di dunia usaha sebagai penulis buku pendidikan SMK pada tahun 2008 silam, Kris mengungkapkan karena diterbitkan oleh penerbit lain saat itu keuntungan bisnis yang diperolehnya sangatlah kecil.

“Setelah lebih dari 20 tahun bekerja di bidang IT, saya mencoba membuat usaha dimulai dengan membuat server pulsa handphone di tahun 2008 hingga 2009. Ternyata sumber daya manusianya tidak mampu menangani problem-problem operasional usaha sehingga usaha terpaksa ditutup,” ujarnya membuka sesi wawancara kami.
Pengusaha sukses di bisnis jasaSekitar Agustus 2009, pengusaha yang akrab dipanggil Kris ini mencoba membuat website http://ininet.net, tetapi kembali lagi pada bulan September 2011 berhenti mempublish karena ingin lebih fokus pada bisnis plan dan pengolahan materi. “Saya memperdalam Web 2.0 dan web based application, yang nampaknya akan semakin dibutuhkan masyarakat luas di masa yang akan datang,” kata Kris yang memutuskan resign dari pekerjaan pada tahun 2010 dan pulang ke kampung halamannya di Klaten, Jawa Tengah.

Melihat pertumbuhan jumlah pengguna internet di Indonesia semakin pesat, di masa pensiunnya Kris tak melewatkan peluang tersebut hingga akhirnya Ia mulai menciptakan software aplikasi IIX1 App dan membidik para developer website dan instansi-instansi perkantoran sebagai pangsa pasar utamanya. Melalui website http://iixsoft.com saat ini aplikasi tersebut sudah bisa di download free.

“Produk ini adalah materi training untuk internet dan development. Bagi saya, pengetahuan tentang internet dan development terlalu banyak dan tidak mungkin dihafalkan. Semua hanya berjalan dengan referensi, bisa menemukan yang dibutuhkan setiap saat memerlukan. Bahkan command “echo” dalam PHP saya tidak hafal format persisnya, tetapi saat membuat program saya bisa menemukan bagaimana cara menuliskannya sehingga tidak salah. Jadi, kesimpulan saya semakin saya mengumpulkan referensi yang berarti akan semakin lancar saya bekerja dan semakin cepat saya berkembang secara berkelanjutan,” begitu imbuh Kris menutup sesi wawancara kami.

Sumber : bisnisukm.com

Kembali | Lihat Semua