Lain-lain
 
Minggu, 06/06/2015
MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI INSTAGRAM

Awalnya media sosial instagram diciptakan sebagai media sosial untuk upload gambar maupun foto dari smartphone. Tidak berbeda dengan sosial media lainnya, namun saat ini fungsi instagram mulai bergeser seiring dengan banyaknya pelaku bisnis yang menggunakan sosial media untuk keperluan pemasaran atau sebagai sarana promosi untuk mendapatkan perhatian dari konsumen.
Selain digunakan sebagai ajang untuk promosi produk, instagram ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak loyalitas pelanggan. Mengapa demikian? Sebab, melalui foto aktivitas bisnis yang dibagikan pelaku usaha ke instagram, pelanggan bisa mengetahui secara detail kegiatan bisnis yang dijalankan para penjual online sehingga mereka tidak ragu lagi untuk melakukan transaksi pembelian melalui instagram.
Nah, untuk meyakinkan calon konsumen dan meningkatkan loyalitas pelanggan di instagram, Anda bisa mencoba beberapa strategi pemasaran di bawah ini.
Pertama, pastikan foto yang dibagikan jangan terlalu banyakeffect. Foto yang Anda upload tentu saja memiliki banyak kekurangan, sehingga pastinya Anda akan menggunakan fasilitasedit gambar yang ada di instagram. Namun, saat Anda akan mengedit foto sebaiknya pertimbangkan juga kondisi barang yang akan Anda jual. Dengan begitu, transaksi yang goal melalui instagram tidak akan mengecewakan para konsumen karena barang yang mereka peroleh tidak sesuai dengan yang ada di foto.
Kedua, gunakan nama akun yang mudah diingat. Pada saat Anda memilih akun untuk menjalankan bisnis melalui sosial media seperti instagram, maka perhatikan pemilihan nama akun Anda. Meski bagaimanapun juga, nama yang mudah diingat dan juga menarik merupakan nama yang akan dicari calon pelanggan saat mereka tertarik dengan produk yang Anda jual.
Ketiga, tunjukkan cara pembuatannya. Jika produk yang Anda jual berupa makanan atau minuman, Anda juga dapat mengupload gambar atau video tentang bagaimana cara pembuatannya. Tidak perlu semuanya, Anda cukup memberikan proses intinya saja sehingga para pembeli tidak merasa penasaran dengan asul-usul produk yang Anda jual.
Keempat, tunjukkan kegunaan produk. Apa yang para pembeli inginkan merupakan sesuatu yang mereka butuhkan. Jadi, penting bagi Anda untuk menunjukkan gambar mengenai kegunaan dari produk tersebut. Hal ini akan sangat berguna bagi para pembeli yang tidak tahu produk apa yang Anda jual.
Kelima, tunjukkan foto toko offline. Jika Anda mempunyai toko online sekaligus offline, maka penting juga bagi Anda untuk sekaligus menunjukkan kepada pelanggan mengenai bagaimana toko Anda. Tidak perlu semua bagian toko, tetapi cukup bagian depannya saja. Sehingga jika ada konsumen yang ingin berkunjung ke toko offline Anda, mereka akan mudah mengenali gambar toko Anda.
Keenam, berbagi foto behind the scene. Iklan merupakan salah satu hal penting bagi sebuah usaha. Saat Anda membuat sebuah iklan, meskipun tidak dengan skala besar namun perlu rasanya Anda menunjukkan juga tentang bagaimana proses dari iklan tersebut. Berikan kesan pada pelanggan Anda seolah-olah mereka mempunyai akses backstage dari pembuatan iklan Anda.
Ketujuh, tunjukkan foto event. Ketika Anda memutuskan untuk membuka bisnis, pasti Anda akan mencari tahu event apa yang sedang atau ingin diadakan yang sesuai dengan bisnis Anda. Dari situ Anda juga bisa sedikit berbagi dnegan para pelanggan mengenai event yang sedang Anda ikuti tersebut. Hal itu bertujuan untuk bisa mengenalkan kegiatan apa saja yang Anda lakukan selain berjualan produk.
Kedelapan, berikan sedikit hiburan. Perlu Anda ketahui, bahwa tujuan dari adanya instagram adalah agar setiap orang dapat berbagi foto dan juga video. Namun, agar tidak terlalu monoton. Maka Anda juga bisa memberikan sedikit hiburan dengan memberikan foto atau video lucu. Namun tetap tidak mengurangi kapasitas foto produk yang ingin Anda jual.
Semoga bisa bermanfaat dan salam sukses!

Sumber : bisnisukm.com

Kembali | Lihat Semua