Lain-lain
 
Sabtu, 09/05/2015
MANFAAT PEMASARAN ONLINE BAGI KEBERHASILAN BISNIS

Salah satu bagian terpenting dalam menjalankan bisnis apapun itu adalah pemasaran. Pemasaran merupakan sebuah proses, mulai dari iklan yang membidik konsumen sesuai dengan barang maupun jasa yang ditawarkan dengan proses penjualan menyeluruh dan termasuk juga tindak lanjut setelah pembelian. Bagi para pelaku bisnis, penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa pemasaran online atau marketing online menyediakan banyak manfaat jika dibandingkan dengan jenis pemasaran lain yang lebih tradisional.

Pemasaran online terbukti sudah memberikan banyak manfaat bagi para pebisnis. Misalnya, membantu perusahaan untuk melakukan riset pasar sendiri. Namun, menggabungkan antara pemasaran online dan offline adalah cara yang sangat baik. Akan tetapi manfaat pemasaran online tersebut bisa membantu Anda para pebisnis untuk menciptakan strategi pemasaran secara tepat, bahkan dapat lebih sukses dari pemasaran offline.

Manfaat Dari Pemasaran Online
Bagi banyak perusahaan, menggunakan pemasaran online merupakan cara untuk menghemat anggaran. Setiap pelaku bisnis tentunya sedang mencari cara, pemasaran seperti apa yang lebih efektif dan efisien sekaligus dapat mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Salah satu solusinya yaitu dengan mengevaluasi pemasaran online. Berikut adalah beberapa manfaat pemasaran online yang tidak tersedia dalam pemasaran offline:

1. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu
Internet tersedia untuk bisa diakses setiap saatnya. Pelanggan bisa mengunjungi situs tempat yang Anda pergunakan untuk memasarkan produk milik Anda kapanpun dan dimanapun juga selama mereka bisa bisa mendapatkan akses internet.

2. Biaya Pemasaran Lebih Murah
Biaya pemasaran online relatif lebih murah dibandingkan dengan pemasaran offline. Pemasaran bisa Anda lakukan dengan cara memajang produk di website milik sendiri maupun website milik pihak lain melalui agen pemasaran online. Pelaku bisnis bahkan dapat memanfaatkan website maupun blog gratis yang ada di situs-situs tertentu.

3. Kemudahan Memilih Target Pasar
Pebisnis bisa menawarkan produk kepada para komunitas tertentu melalui forum maupun sosial media. Anda juga bisa memasang iklan secara gratis atau yang berbayar dengan menggunakan kata kunci tertentu. Hal itu untuk membantu Anda dalam memilih target pasar yang potensial.

4. Organisasi Lebih Mudah dan Sederhana
Anda tidak perlu lagi memajang produk atau barang secara fisik, namun cukup menyediakan katalog maupun daftar barang dan deskripsi singkat mengenai masing-masing barang tersebut. Pebisnis juga tidak membutuhkan banyak karyawan penjual, Anda hanya perlu karyawan yang bertugas menangani pemesanan secara online dan karyawan di bidang pengiriman barang.

5. Kemudahan Mengelola Barang
Jika Anda menjual produk atau barang secara online dengan memanfaatkan website sendiri, sistem manajemen situs akan menyediakan sistem pengelolaan barang serta pergudangan. Anda juga bisa dengan mudah melihat stok barang. Dengan begitu, mungkin Anda tidak membutuhkan etalase dan Anda juga bisa menjual barang berdasarkan pesanan. Hal ini tentu saja akan mempermudah Anda dalam mengelola barang dagangan.

6. Pelayanan Lebih Fokus
Pelaku bisnis tidak perlu khawatir akan banyak pelanggan yang tidak terlayani, karena sistem komputer dapat menampung semua pesanan. Anda hanya perlu melayani para pelanggan yang akan melakukan pembelian.

7. Riset Pasar Lebih Mudah
Pemasaran online bisa membantu para pelaku bisnis dalam melakukan riset pasar mengenai produk-produk yang banyak diminati oleh konsumen misalnya dengan cara melihat kata kunci yang banyak mereka cari di situs Anda. Hal ini juga dapat membantu Anda dalam merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

Semoga bermanfaat dan salam sukses! Sumber : bisnisukm.com

Kembali | Lihat Semua