Lain-lain
 
Kamis, 08/04/2015
MENDATANGKAN LABA DARI KREASI KADO NAMA

Terinspirasi dari keinginan Nofita Astuti (36) mengganti sarung bantal anaknya yang sudah usang, wanita yang akrab dipanggil Nofita ini justru terdorong untuk terjun menggeluti dunia usaha. Melihat anaknya senang dengan sarung bantal yang menggunakan gambar bertuliskan namanya, dengan modal yang awal Rp 100.000,00 Nofita Astuti mencoba peruntungan di bisnis kreatif sarung bantal.

Karena produk sarung bantal yang dihasilkan sangat unik dan banyak disukai, bisnis yang diawali dengan modal Rp 100.000,00 tersebut dapat mendatangkan omzet kurang lebih sekitar Rp 10 juta setiap bulanya. “Bukan hanya sarung bantal saja yang saat ini saya produksi, tetapi berbagai macam produk lainya seperti handuk nama, mukena anak, bedding set baby and kids, goodie bag blacu, laundry bag waterproof, pasport cover, dan lain sebagainya,” ujar Nofita.

Bisnis BantalDiproduksi dengan desain produk yang variatif, Nofita menggunakan nama Kreasikadonama sebagai merek dagang yang Ia pasarkan. Setiap produk yang Ia produksi dipasarkan mulai dari harga Rp 26.000,00 hingga Rp 750.000,00 setiap itemnya.

Tak butuh waktu lama bagi Nofita untuk mempromosikan bisnis kreatif ini ke kalangan masyarakat luas. “Dibantu dua orang karyawan, saat ini saya sudah membuka butik dan rutin produksi setiap harinya dengan kapasitas produksi berupa bantal nama 5 pcs, goodie bag blacu 15 pcs, handuk nama 10 pcs,” jelasnya.

Sejauh ini, Nofita mendapatkan bahan baku seperti kain katun, kain kapas berperekat, benang bordir, dan benang jahit dari Yogyakarta dan Jakarta. “Produk kreatif ini juga sudah menjangkau beberapa pulau besar di Indonesia seperti Jawa, Kaliamantan, NTB bahkan beberapa kali sempat ekspor ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura,” ungkapnya dengan bangga.

Bisnis Bantal dan Handuk NamaWalaupun di awal merintis usaha ada sedikit kendala bisnis yang dialaminya, namun Ia tak lantas menyerah dengan kendala yang ada. “Saya mencari SDM yang memang benar-benar mencintai seni karena kami menghasilkan produk dengan hati,” kata pengusaha sukses tersebut.

Untuk mengatasi kendala bisnis tersebut, Nofita Astuti mensiasatinya dengan memberikan bimbingan dan pelatihan secara intensif kepada setiap karyawannya. Bagi Nofita, kesejahteraan karyawan menjadi tanggung jawab utama yang selalu Ia perhatikan. Mengakhiri sesi wawancara kami, Nofita berpesan bagi para pemula yang terpenting dalam merintis usaha adalah tekun, ikhtiar, berani mencoba dan fokus. Sumber : bisnisukm.com

Kembali | Lihat Semua