Lain-lain
 
Selasa, 30/03/2015
PERAK BALI DAN DEKORASI BATU LARIS DI FILIPINA

JAKARTA. Indonesia mengikuti pameran internasional Manila Fame pada 13-16 Maret 2015 lalu di Filipina. Selama masa pameran, Indonesia meraup penjualan lebih dari US$ 168.861.Penjualan perhiasan perak asal Bali dan dekorasi rumah batu menjadi produk yang paling banyak dibeli. "Potensi order berasal dari Filipina dan beberapa negara lainnya seperti Jepang, Italia, Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Nus Nuzulia Ishak dalam keterangan tertulis, Minggu (29/3).Ia menjelaskan, tujuan Indonesia mengikuti pameran ini adalah untuk meraup pasar ekspor menjelang berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir tahun ini. Pameran ini juga sekaligus sebagai promosi di kawasan Asean, mengingat Filipina berada di peringkat sepuluh negara tujuan ekspor nonmigas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Nus menguraikan, tren ekspor nonmigas Filipina selama lima tahun terakhir mengalami peningkatan sebesar 4,85% dengan nilai ekspor pada 2014 sebesar US$ 3,8 miliar. Ia bilang Kemdag berharap pameran ini selain meningkatkan citra produk Indonesia di kancah internasional, khususnya di Filipina, juga sebagai komitmen mewujudkan MEA tahun 2015 dengan target pertumbuhan ekonomi ASEAN sebesar 5,1%.Sementara itu, Atase Perdagangan RI di Manila Vivianto Tampubolon menegaskan hasil transaksi dalam pameran ini akan terus meningkat seiring masih terjadi order potensial hingga saat ini. Ia memprediksi kemungkinan besar hasil transaksi akan terus bertambah mengingat masih ada beberapa order potensial sehingga pada akhirnya meningkatkan ekspor Indonesia ke Filipina.

Manila FAME merupakan salah satu pameran design dan lifestyle terbesar dan bertaraf internasional di Filipina yang diselenggarakan dua kali dalam setahun, yaitu di bulan Maret dan Oktober. Produk yang ditampilkan antara lain house ware and home decor, gifts, fashion and accessories, apparel and textiles, dan furniture and furnishings.Menempati lahan seluas 72 meter persegi, Paviliun Indonesia yang difasilitasi oleh kantor Atase Perdagangan RI di Manila menampilkan sembilan perusahaan desain dan lifestyle yaitu Franaspa Natura Aromatica (spa), Idola Prima Silver (perak), Leginayba (perhiasan dari tanduk), Patraís Collection (perak), Rumah Mekar (dekorasi rumah), Sekawan Cosmetic (kosmetik), Usaha Fitria Investindo (perhiasan kontemporer), Wienís Hand Creation Nature (kerajinan batik), dan Yani Silver (perak).

Sumber : Peluangusaha.kontan.co.id

Kembali | Lihat Semua