Lain-lain
 
Rabu, 17/03/2015
BISNIS FASHION WANITA TETAP LARIS MANIS

Bisnis online aneka aksesoris wanita yang dijalankan oleh Eka Hertika Rizky (23) terinspirasi dari Ibunda tercintanya yang hobi membuat aksesoris wanita dengan bahan rajutan. Dahulu ibunya pernah mempunyai usaha kerajinan tangan dari bahan rajutan bahkan sprei dan tirai. Namun, karena kesibukan, sang ibu tidak bisa meneruskan usahanya tersebut. Dari situlah Ia memiliki inisiatif untuk melanjutkan usaha ibunya dengan menjual aneka aksesoris buatan sang ibu.

Seiring dengan berjalannya waktu, Ia pun belajar membuat aneka aksesoris dari ibundanya dan kini Ia sudah mampu membuat kerajinan tangan itu sendiri kemudian memasarkannya secara online melalui media sosial. Hasilnya pun cukup memuaskan, bisnis online aneka aksesoris yang saya jalankan bisa diterima oleh masyarakat.

Bisnis online yang dijalankannya tersebut mulai berdiri pada tahun 2010 dengan mengusung nama Pernik Mini Shop dengan produk yang dihasilkan aneka aksesoris berbahan rajutan. Tahun 2012 Ia mengganti nama untuk toko onlinenya menjadi Nashwa karena mulai saat itu produk yang dihasilkan tidak hanya aneka aksesoris, namun Ia juga mampu membuat produk fashion wanita seperti gamis serta coat (jaket).

Sampai dengan saat ini bisnis onlinenya terus berjalan dan berkembang dengan baik. Harga produk yang pasarkan pun sangat beraneka ragam, untuk aneka aksesoris harga yang ditawarkan mulai Rp 5.000,00 sedangkan untuk gamis dan coat harga mulai dari Rp 215.000,00.

Sampai dengan sekarang ini proses produksi untuk pembuatan aneka aksesoris masih Ia jalankan sendiri dengan kapasitas 50-70 pcs setiap harinya dan akan meningkat ketika ada pesanan pembuatan souvenir. Sedangkan untuk produksi gamis dan jaket Ia dibantu oleh dua orang penjahit yang mampu menghasilkan 10-20 pcs setiap harinya. Semuanya itu tergantung jumlah pesanan yang masuk karena sistem yang Ia gunakan adalah made by order.

Perjalanan bisnis toko online yang Ia jalankan ini tidak semudah yang orang bayangkan, karena bisnisnya tersebut merupakan bisnis sampingan dimana Ia harus bisa membagi waktu untuk berbisnis dan tetap bisa menjalankan kewajibannya sebagai mahasiswi. Dengan kerja keras dan juga semangat yang kuat semuanya dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Sejauh ini pemasaran untuk bisnis aksesorisnya hanya melalui blog miliknya yaitu www.nashwaonlines.blogspot.com dan akun media sosial lainnya. Namun melalui sistem online tersebut Ia sudah mampu menjangkau pasar yang sangat luas di seluruh Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Sulawesi.

Harapannya dari bisnis online aneka aksesoris tersebut, Ia mampu mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi dengan mencari agen yang lebih banyak lagi di seluruh Indonesia sehingga produk Nashwa semakin dikenal oleh banyak orang.

Semudah apapun menjalankan sebuah bisnis pastinya tidak akan terlepas dari kendala yang harus dilalui, begitu juga dengan bisnis aneka aksesoris yang dijalankannya. “ Kendala yang sering saya hadapi dalam menjalankan bisnis ini adalah ketika bahan baku naik maka biaya produksi pastinya akan ikut naik”, ungkapnya. Untuk mengatasi masalah tersebut biasanya Ia akan menggunakan cara dengan menekan biaya produksi.

Meskipun membutuhkan kerja keras yang luar biasa, namun Ia merasa senang dan puas karena dengan usahanya tersebut Ia bisa membantu mensejahterakan keluarga serta orang-orang yang ikut terlibat dalam bisnisnya.

Di akhir wawancara kami, Ia tak lupa mengatakan bahwa “kunci utama untuk meraih kesuksesan dala berbisnis adalah kejujuran. Kejujuran disini sangat dibutuhkan untuk membangun kepercayaan dengan customer. Selain itu janganlah lupa untuk selalu bersedekah karena sebagian harta yang kita miliki 2,5 % adalah hak orang-orang yang membutuhkan”. Ungkapnya kepada tim liputan dengan tegas. Sumber : bisnisukm.com

Kembali | Lihat Semua