Lain-lain
 
Kamis, 28/01/2015
KEMITRAAN CAPPUCCINO CINCAU NAN MURAH MERIAH

Meski sudah marak dan menjadi tren sejak beberapa tahun lalu, bisnis kemitraan minuman cappuccino masih tetap menjamur. Salah satu pengusaha yang menawarkan kemitraan baru-baru ini adalah Dyah Tri Kurniati dari Semarang, Jawa Tengah. Nama merek usaha Senandung Cappuccino Cincau. Seperti namanya, Dyah menawarkan menu cappuccino cincau berbagai rasa.

Usaha ini telah dia jalankan sejak Oktober 2014 dan mulai ditawarkan kepada masyarakat pada awal tahun ini. Lantaran masih baru, dia belum memiliki mitra saat ini. Jika tertarik, paket investasi yang ditawarkan hanya satu, yakni sebesar Rp 2,9 juta. Mitra akan mendapatkan perlengkapan jualan, bahan baku untuk 300 cup, dan seragam karyawan
.
Harga cappuccino cincau ini sebesar Rp 5.000 per cup. Berdasarkan omzet yang didapat dari gerai miliknya di Semarang, omzet yang bisa didapat sekitar Rp 250.000–Rp 500.000 per hari dengan berhasil menjual sekitar 50 cup-100 cup per hari. Dengan estimasi tersebut, mitra bisa meraup omzet sekitar Rp 7,5 juta–Rp 15 juta per bulan.

Setelah dikurangi biaya pembelian bahan baku, gaji karyawan, sewa tempat dan biaya operasional lainnya, mitra masih bisa meraup untung sekitar Rp 2,5 juta per bulan. Dengan begitu, paling lama mitra bisa balik modal dalam waktu dua bulan.Dyah tidak mengenakan biaya royalti kepada mitra. Namun, mitra wajib membeli bahan baku kepada pusat setiap bulan. Bahan baku yang dibeli seperti bubuk cappuccino cincau dan label yang ditempel pada cup minuman.

Senandung Capuccino Cincau memiliki enam varian rasa, yakni original, cappuccino, cokelat, karamel, mock, dan vanila. Di tahun ini, Dyah berencana akan mengeluarkan rasa baru yaitu cappucini oreo. Menurutnya, kelebihan dari minuman ini dibanding dengan minuman sejenis adalah rasa cappuccino dan topping yang lebih enak dan menarik.Untuk lokasi usaha, Dyah menyarankan booth lebih baik dibuka di tempat ramai seperti pinggir jalan raya atau jalan yang dilalui sepeda motor, agar target omzet bisa tercapai.

Dia tak menargetkan jumlah mitra yang muluk-muluk. Paling tidak, ia menargetkan memiliki mitra lima sampai 10 di tahun ini. Cermati pula tawarannya sebelum memutuskan untuk bergabung.

Sumber : Peluangusaha.kontan.co.id

Kembali | Lihat Semua