Lain-lain
 
Rabu, 21/01/2015
MENJAHIT UNTUNG DARI BISNIS BANTAL DEKORASI

Memiliki barang-barang unik yang tidak pasaran di rumah rasanya memberi kepuasan tersendiri bagi sebagian orang, terutama kaum ibu. Salah satu produk yang banyak dicari lantaran bisa dipesan sesuai dengan keinginan adalah bantal. Selain bentuknya yang bisa disesuaikan dengan keinginan, gambar bantal customized ini pun bisa dipesan.Permintaannya yang cukup banyak membuat makin banyak bermunculan para pengusaha bantal customized. Salah satunya adalah Fenny, pemilik usaha bantal customized dengan bendera usaha Owlbox. Dia memulai bisnis ini sejak akhir 2013 setelah melahirkan anak kembar dan berhenti dari pekerjaan kantoran.

Awalnya dia terinspirasi ingin membuat sesuatu barang yang memuat foto anaknya namun produk tersebut juga bisa digunakan. Akhirnya Fenny memiliki ide mencetak foto anaknya menjadi sarung bantal.Karena ibu dua anak ini juga menyukai dunia desain, akhirnya Fenny membuat beberapa desain sarung bantal sendiri, kemudian dicetak. Awalnya bantal pesanan ini banyak digunakan untuk kado yang unik. Selain bisa merekan kenangan berkesan dari foto yang dicetak, bantal-bantal unik ini juga cocok dijadikan dekorasi penghias ruangan rumah.

Proses pembuatan bantal ini sederhana. Pembeli biasanya memesan dengan desain yang mereka mau lantas dicetak dan di atas kain kemudian di potong menjadi pola bantal. Setelah itu di jahit sesuai ukuran yang dipesan. "Biasanya masa pengerjaan memakan waktu 10 hari," ujar Fenny.Awalnya Fenny memulai bisnis ini hanya bermodalkan uang Rp 50.000 untuk membeli kain, resetling dan bantal sebagai contoh. Kini, bisnisnya berkembang cukup pesat dan pemesan bantal miliknya sudah sampai Malaysia dan Singapura.

Dia biasanya bisa menjual sekitar 10 bantal pesanan dengan ukuran 40cmx40cm dalam sehari. Harga jual mulai dari Rp 110.000Rp. 350.000 per bantal. Fenny mengaku bisa meraup keuntungan bersih hingga Rp 20 juta per bulan dari bisnis ini. Saat ini Fenny lebih banyak mempromosikan produknya lewat media sosial seperti Facebook dan Twitter.Pengusaha bantal customized lainnya adalah Indah Nugrohowati, lewat brand Thinking Out Loud. Berawal dari keinginan mendekorasi rumah, Indah membuat bantal sofa sendiri. Dari situ dia melihat, hanya dengan menambahkan bantal sofa, nuansa ruangan bisa berubah menjadi lebih indah.

Dengan memanfaatkan bisnis konveksi milik ibunya, Indah memulai usaha ini dan siap membuka toko offline perdana di Pasar Santa Modern, Jakarta Selatan. Meski masih terbilang anyar, pembeli yang datang cukup beragam, mulai dari Jabodetabek, Tegal, Bengkulu, Semarang, dan Magelang.Dengan harga jual berkisar Rp 100.000 per unit, Indah saat ini sudah bisa meraup omzet di atas Rp 5 juta per bulan.

Sumber : Peluangusaha.kontan.co.id

Kembali | Lihat Semua