Lain-lain
 
Rabu, 24/12/2014
SEGAR TAWARAN BISNIS RUJAK CINGUR DARI BOJONEGORO

Menjajakan makanan khas Surabaya seperti rujak cingur menawarkan potensi bisnis yang cukup menggiurkan lantaran belum banyak pesaingnya. Inilah yang mendasari Alwi Mahfud menjalankan usaha kuliner rujak cingur sejak 2013 di Bojonegoro, Jawa Timur dengan merek Oemah Rujak Cingur.

Saat ini, Alwi baru memiliki satu gerai milik sendiri di Bojonegoro. Agar gerainya cepat bertambah, Alwi memutuskan untuk menawarkan kemitraan usaha tahun ini. Meski belum ada mitra yang bergabung, namun dia mengaku sudah ada lima calon mitra dari Jakarta dan Jawa Tengah yang akan segera bergabung. "Kini sedang dalam proses," ujarnya.

Oemah Rujak Cingur menawarkan kemitraan dengan paket investasi jenis kedai senilai Rp 15 juta. Fasilitas yang bisa didapat seperti peralatan masak lengkap, peralatan promosi seperti banner dan Standard Operating Procedure (SOP), bahan baku awal berupa bumbu, cingur, sayur dan pelengkap lainnya. Namun mitra tetap harus menyiapkan dana tambahan untuk sewa tempat.

Dia mengatakan, mitra wajib membeli bahan baku utama seperti bumbu-bumbu dan petis. Harga jual ke mitra sebesar Rp 20.000-Rp 25.000 per kg. Di luar bahan utama tersebut, mitra bebas membeli bahan lainnya di luar.

Harga jual rujak cingur dan aneka minuman dibanderol sekitar Rp 5.000- Rp 15.000 per porsi. Berdasarkan dari kedai miliknya di Bojonegoro, Alwi bilang omzet yang bisa didapatkan sekitar Rp 300.000 per hari di hari kerja. Namun omzet bisa meningkat hingga Rp 500.000 per hari di akhir pekan.

Dihitung-hitung, omzet usaha bisa mencapai Rp 9 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya pembelian bahan baku, sewa tempat, gaji pegawai dan biaya operasional lainnya, mitra diprediksi bisa meraup laba bersih sekitar 25% dari omzet per bulan. Jika tercapai, mitra diprediksi bisa balik modal dalam tiga bulan hingga empat bulan berjalan.

Dia bilang, saat ini belum banyak kompetitor untuk makanan ini. Oleh sebab itu Alwi optimistis bisa menggandeng 10 mitra di tahun depan. Namun dia masih membatasi lokasi mitra di sekitar Bojonegoro karena masalah distribusi bahan baku. Jika berminat, cermati tawarannya dahulu.

Sumber : Peluangusaha.kontan.co.id

Kembali | Lihat Semua