Lain-lain
 
Kamis, 04/12/2014
MENGHITUNG POTENSI LABA USAHA NASI GANDUL

Kota Pati di Jawa Tengah memiliki makanan khas yaitu nasi gandul. Makanan khas daerah pantura ini sudah melegenda dan cukup populer di banyak daerah. Umumnya orang menyukai nasi gandul sebab rasanya yang gurih. Oleh karena itu, banyak juga pebisnis kuliner yang juga tertarik membuka usaha nasi gandul ini.

Salah satunya adalah Hefni Tri Sriyantono, asal Surabaya. Dia membuka usaha dengan merek Nasi Gandul Mas Tri. Usahanya baru berdiri sejak Mei 2014 lalu di Bekasi, Jawa Barat di bawah naungan Zahfy Group yang juga menjual Zahfy Kebab.Setelah dua bulan berjualan, Hefni memutuskan untuk menawarkan kemitraan. Hingga kini Nasi Gandul Mas Tri masih memiliki 1 gerai milik sendiri dan terus mencari mitra.
Jika tertarik bergabung, Anda harus menyiapkan kocek sekitar Rp 30 juta. Nasi Gandul Mas Tri ini mengusung konsep mini resto.

Dengan nilai itu, mitra sudah mendapatkan perlengkapan lengkap seperti peralatan masak, satu set booth, pelatihan memasak nasi gandul, resep, peralatan promosi seperti x banner dan spanduk.Kemitraan ini tidak memiliki jangka waktu kerjasama dan tidak dikenakan biaya royalti. Hefni bilang sistemnya beli putus, hanya saja bahan baku seperti daging sapi dan resep harus dari pusat. Namun, jika kondisi sulit untuk mengirim daging sapi, mitra bisa cari sendiri dan cukup fleksibel.

Nasi Gandul yang ia jual sekitar Rp 13.000 per porsi. Menu nasi gandul berisi nasi putih disiram dengan kuah bersantan kecap seperti kuah semur dengan campuran daging sapi, jeroan, tempe, perkedel atau telur bacem.Di setiap gerai, Hefni menargetkan bisa menghasilkan penjualan Rp 500.000 per hari. Dengan demikian, omzet bisa mencapai Rp 15 juta per bulan. "Balik modal sekitar delapan sampai 11 bulan," kata dia.

Kelebihan Nasi Gandul Mas Tri menurut klaim Hefni adalah daging sapinya yang lembut dan kuahnya yang gurih karena bumbu kaldu dan kecap yang melimpah. Untuk lokasi usaha, sebaiknya mitra menyiapkan tempat minimal 5 meter persegi (m) dengan mempekerjakan minimal 2 karyawan.Hingga kini dia tetap gencar mencari mitra dan target tahun depan akan menambah setidaknya 5 gerai. Berminat? Cermati dulu tawarannya.

Sumber : Peluangusaha.kontan.co.id

Kembali | Lihat Semua