Lain-lain
 
Rabu, 26/11/2014
INFO BISNIS ARLEQUINISHA HANDYCRAFT & ACCESSORIES

Menjalankan usaha yang bermodalkan kreatifitas memang membutuhkan ketekunan ekstra. Semakin kreatif usaha yang kita bangun, semakin sulit juga bagi pihak lain untuk menduplikasi produk usaha tersebut. Hal tersebut yang selama setahun terakhir mencoba diterapkan oleh Aries Pribadi (29) melalui ArleQuiniSHa paTHINK clekUNIQUE Handycraft & Accessories. Dilihat dari nama usahanya yang nyentrik tersebut, timbul rasa penasaran bagi tim bisnisUKM untuk melihat seperti apa produk usaha yang dihasilkan.

Rasa penasaran tersebut akhirnya terjawab ketika tim bisnisUKM mengunjungi workshop sekaligus tempat produksi ArleQuiniSHa paTHINK clekUNIQUE Handycraft & Accessories yang berada di Umbulharjo Yogyakarta (26/2). Beragam produk handycraft dan accessories tampak berjajar memenuhi etalase sudut rumah Sri Hartatik (43) yang merupakan partner kerja Aries Pribadi.

September 2009 menjadi awal mula Aries memproduksi aneka handycraft dan accessories yang unik dan kreatif. Merasa bosan menjadi pegawai kala itu, Aries berfikir bagaimana mengolah bahan-bahan alami yang ada di sekitarnya menjadi produk unik yang bernilai jual tinggi. Alhasil, produk dekorasi interiorlah yang menjadi produk kreatif pertama yang dia ciptakan. Lampu hias interior yang dinamai “Manok_Hara Mencari Cinta Di Jogja” menjadi kreasi pertama yang dipasarkan. Memanfaatkan bahan alami seperti kertas karton, pasir besi, kulit telur, dan aneka manik-manik, Aries mencoba membuat lampu hias dengan nuansa khas budaya Jogja. “ Kami bermimpi, produk kami tersebut suatu saat bisa menjadi salah satu souvenir khas Jogja,” kata Aris yang pernah mengenyam pendidikan jurusan arsitektur.

Jiwa kreatif Aries ternyata tidak terhenti di produksi lampu hias interior saja. Aneka produk kreatif lainnya juga diciptakan Aries bersama dengan rekan-rekannya. Tercatat saat ini ArleQuiniSHa paTHINK clekUNIQUE Handycraft & Accessories sudah memiliki 3 jenis produk lain, yaitu aneka pigura unik (Jogjakujogjakitajogjakarta), Edu Toys Rumingkang (Rumah Pintar Susun Kelengkeng Huruf dan Angka), Accessoris Cantik (aksesoris manik-manik, gift box, tas, dompet, gelang, kalung). “Dengan sengaja melempar banyak produk ke konsumen bisa kami jadikan riset dalam mengevaluasi produk-produk kami,” terang Aris.

Untuk tahun pertama ini, menurut Aries pihaknya masih berupaya mengenalkan produk-produk tersebut ke masyarakat. Dengan spirit kreatifitas yang dia miliki, saat ini dia belum fokus ke arah komersialisasi produk. “Kami baru ingin memulainya bulan depan (Maret) untuk fokus dalam mencari duit,” imbuh Aris sambil tertawa. Harga yang ditawarkan ArleQuiniSHa juga terjangkau, yaitu berkisar Rp.4.000,00 – Rp. 125.000,00. Menurut Aris yang paling mahal saat ini adalah lampu hias interior, dan yang paling murah aneka accessories manik-manik.

Pameran dan pelatihan menjadi agenda rutin ArleQuiniSHa dalam memasarkan dan memperkenalkan produk-produknya. Selain itu, dengan ‘menitipkan’ produk-produk tersebut ke beberapa swalayan yang ada di wilayah Jogja juga menjadi strategi tersendiri dari Aries dan rekan-rekannya. Menurut Aries, dengan ikut pameran pihaknya banyak memiliki keuntungan, “selain bisa memasarkan produk, kita juga bisa menjalin komunikasi dengan rekan-rekan yang lain sesama peserta pameran”. Dan kini, bersama dengan rekan-rekannya, Aris baru merintis paguyuban mandiri untuk UKM yang ada di wilayah Kota Jogja dengan nama Parikesit.

Eksistensi ArleQuiniSHa sebagai produsen aneka kerajinan kreatif juga makin mendapat pengakuan ketika berhasil merebut nomer di Lomba Inovasi Bisnis 2010 bidang Wirausaha Kerajinan dari kantor Pemuda dan Olahraga DIY. Meskipun bukan menjadi yang terbaik, namun Aries mengaku semakin termotivasi dengan raihan tersebut. Diakuinya, ide kreatif yang dia miliki saat ini sangat banyak, namun modal dan fasilitas produksi masih menjadi kendala tersendiri baginya. Dan saat ini, Aries berharap produksi edu toysnya segera terealisasikan, sehingga bisa menjadi salah satu andalan terbaru dari ArleQuiniSHa.

Di akhir wawancaranya, Aris yang ditemani Sri Hartatik mengaku ingin mewujudkan mimpinya yaitu ingin mempekerjakan banyak orang dan mengurangi pengangguran. Dengan langkah yang dia lakukan saat ini, Aries yakin mimpinya tersebut suatu hari akan menjadi kenyataan. Sumber : bisnisukm.com

Kembali | Lihat Semua