Lain-lain
 
Kamis, 13/11/2014
LABA MENGUCUR DARI BISNIS AIR ISI ULANG

Air merupakan salah satu senyawa penting bagi makhluk hidup, termasuk manusia. Tanpa air, manusia dan mahluk hidup lainnya tak akan bisa bertahan hidup. Namun, memperoleh air bersih di perkotaan besar seperti Jakarta semakin sulit.

Berbagai macam polusi telah mencemari kebersihan air. Kondisi ini membuat kualitas air menjadi tidak layak untuk diminum. Alhasil, sebagian besar masyarakat mulai beralih ke air minum isi ulang. Peluang inilah yang ditangkap oleh PT Obing Mitra Sukses (OBS) yang mengusung air isi ulang dalam kemasan dengan brand Cool Water.

PT OBS sendiri sudah lama berkecimpung di bisnis air bersih. Yakni, sejak tahun 2006 dengan mengembangkan merek Golden Fresh. Kini, OBS mencoba menawarkan paket waralaba AMDK dengan merek Cool Water.

Christian Santosa, Direktur Marketing PT OBS, mengatakan Cool Water mulai dikembangkan sejak 2014. “Tahun ini kami menawarkan paket investasi Rp 200 juta selama lima tahun kepada mitra yang serius mengembangkan bisnis AMDK ini,” ujarnya kepada KONTAN.

Paket ini meliputi semua perangkat mesin hingga pompa air dengan kualitas food grade yang baik untuk makanan. Soal pemasaran, mitra tak perlu khawatir. Sebab, OBS juga akan membantu memasarkan depo air isi ulang ini.

Pihaknya bakal melakukan survei rutin untuk memastikan pengecekan air bersih, sehingga air minum yang disalurkan ke konsumen memiliki kualitas terbaik. pasokan air minum ini didatangkan dari sumber air di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Nantinya, air minum ini akan melalui proses filterisasi, sehingga terjamin kebersihannya.

“Kami juga memberikan transparansi, sehingga konsumen bisa melihat bagaimana proses isi ulang air, sehingga mereka percaya dengan kualitas produk kami,” tambahnyaMitra usaha cukup menyediakan tempat atau lokasi usaha, tenaga kerja, dan tabung penampungan air minimal 1.000 liter. Mitra juga harus menyiapkan biaya Rp 12,5 juta untuk survei lokasi.
Omzet Rp 48 juta

Untuk setiap satu galonnya dihargai sekitar Rp 4.000–Rp 5.000. Satu galon berisi 19 liter air. Dalam sehari mitra bisa menjual sekitar 300 galon hingga 400 galon. Dari penjualan sebanyak itu, mitra bisa mengantongi omzet Rp 1,6 juta per hari atau Rp 48 juta per bulan.

Laba usaha ini sangat besar dengan estimasi mencapai 60% dari omzet bulanan. Dengan asumsi tersebut, mitra bisa balik modal dalam lima sampai delapan bulan. Hingga saat ini, Cool Water memiliki tiga mitra depot isi air ulang di Denpasar, Yogyakarta, dan Jakarta. Ia berharap bisa menambah minimal dua mitra dalam setiap bulan.

Amir Karamoy, pengamat waralaba mengatakan, peluang bisnis air isi ulang dalam kemasan cukup menarik. Namun, harus bisa bersaing dengan merek-merek besar yang sudah eksis, seperti Aqua, Ades, dan merek lainnya.
Namun, harga murah menjadi andalan dalam prospek bisnis ini. “Harga murah bisa menjadi kekuatan bisnis air minum isi ulang, tapi harus terjamin higienitasnya, sehingga masyarakat tidak ragu untuk mengkonsumsinya,” ujar Amir.

Cool Water
Villa Gading Indah Blok A4/10, Jl. Bukit Gading Raya Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telp. 021-45848683

Sumber : Peluangusaha.kontan.co.id

Kembali | Lihat Semua