Lain-lain
 
Rabu, 22/10/2014
CERAH TAWARAN JUALAN MINYAK GORENG

Minyak goreng sudah menjadi kebutuhan rumah tangga untuk memasak. Itu sebabnya, permintaan minyak goreng akan selalu ada. Lewat CV Alam Timur Jaya, Rachman Adi Nugroho mencoba ikut mencecap gurihnya bisnis ini dengan menjalankan usaha pengemasan dan distribusi minyak goreng dengan brand Lapama.

Pasokan minyak goreng dambil dari PT Megasurya Mas, anak usaha perusahaan pengolahan CPO bernama PT Milkie Oleo Nabati Industri.Dia menjalankan usaha ini sejak 2012 di Malang, Jawa Timur. Rachman sebagai direktur di perusahaan ini menawarkan kerjasama kemitraan untuk distribusi minyak goreng Lapama sejak 2014. Dia telah memiliki dua mitra usaha di Jawa Tengah dah Jawa Timur.

Jika berminat, biaya investasi yang harus disiapkan sekitar Rp 100 juta. Biaya sudah termasuk hak penggunaan merek, hak wilayah distribusi, band sealer, peralatan promosi, seragam, serta berbagai kemasan untuk berjualan.Namun harga tersebut belum termasuk tandon minyak goreng dan instalasi.

Hal-hal yang harus disiapkan mitra yaitu menyiapkan tangki, lokasi, kaki toren, meja produksi, instalasi listrik, membeli bahan baku dari pusat, transportasi dan akomodasi saat instalasi. Rachman menjual minyak goreng ke mitra seharga Rp 10.050 per kilogram (kg). Setelah itu, mitra bisa menjual ke pasar seharga Rp 10.600 per liter.

Cermati persaingan Syarat luas gudang penyimpanan dan kegiatan pengemasan minimal 8 meter (m) x 7 m. Untuk biaya royalti dan biaya kerjasama sudah termasuk dalam biaya investasi. Estimasi omzet bagi mitra sekitar Rp 700 juta–Rp 1 miliar per tahun. Jika estimasi tercapai, mitra sudah bisa balik modal sekitar 6 bulan.

Ke depannya, Rachman akan fokus untuk mengembangkan jaringan distribusi di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Dia menargetkan bisa menggaet hanya 10 mitra anyar dalam waktu dekat. "Karena untuk mengoptimalkan proses distribusi bahan baku minyak goreng," ujarnya.

Rachman mengklaim, kelebihan minyak goreng Lapama ini tidak mudah beku, higienis dan rendah kolesterol karena melewati tiga kali proses pemurnian. Sejak memulai industri pengemasan minyak goreng Lapama, Rachman telah mendistribusikan minyak goreng kemasan botol 1 liter, 900 liter, 750 ml serta jerigen 5 liter. Wilayah pendistribusian meliputi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Amir Karamoy, pengamat waralaba berpendapat, sebelum memutuskan menjalankan usaha seperti ini, baiknya masyarakat harus lebih teliti mengamati persaingan merek dan harga minyak goreng di pasar. Selain itu, calon mitra juga harus mencermati kualitas produk yang ditawarkan pewaralaba dan kapasitas bahan bakunya sebelum memutuskan untuk berkerjasama.

CV Alam Timur Jaya
Perum. Bumi Mondoroko Raya, Blok AL 41, Singosari, Malang, Jawa Timur
HP: 08123384450
Sumber : Peluangusaha.kontan.co.id

Kembali | Lihat Semua