Lain-lain
 
Rabu, 15/10/2014
INNICO ADALAH SUKSES ROTI KONSEP BINTANG LIMA

Banyak orang sukses menjalani bisnis yang juga menjadi hobi. Apalagi jika didukung dengan pendidikan dan pengalaman selama bertahun-tahun pada bidang yang sama, seperti yang dimiliki oleh pasangan Innico Sjahandi dan Ratna Kusumo. Bisnis roti yang dirintis sejak 12 tahun silam itu mengantar suami istri ini masuk ke dalam daftar pengusaha bakeryternama di Surabaya, Jawa Timur.

Igo, panggilan akrab Innico, dan Ratna dipertemukan oleh kegemaran yang sama, yakni memasak. Berangkat dari hobi tersebut, mereka bersekolah di Akademi Pariwisata NHI Bandung. “Selain itu kami ingin cepat menghasilkan,” ujar Igo yang lulus dari NHI pada 1989.

Selesai kuliah, mereka pun sama-sama merintis karier sebagai chef di sejumlah hotel dan restoran di luar negeri. Hampir tujuh tahun, Igo dan Ratna menghabiskan waktunya di Eropa, untuk bekerja dan meneruskan pendidikan diploma perhotelan di Swiss. Baru pada 1996 mereka kembali ke Indonesia dan bekerja di Bali.

Booming hotel bintang lima di Surabaya tahun 1997 membawa pasangan ini pindah ke Kota Pahlawan ini. Igo mendapat pekerjaan sebagai manajer restoran di Hotel Mandarin Oriental, Surabaya. “Saya ingin lebih mengenal customer karena di Bali saya lebih banyak bertemu dengan tamu turis asing,” jelas Igo.

Setelah lima tahun menetap di Surabaya, Igo merasa cukup mengenal kota Surabaya dan para konsumennya. Dari situ, mereka melihat peluang berbisnis bakery. “Kami bawa konsep bakery kualitas hotel bintang lima, tapi dengan harga tak seperti di hotel,” tutur Igo.

Dengan bekal tabungan selama bekerja dan berbagai pengalamannya bekerja di hotel, Igo membuka gerai di ruang tamu rumahnya, Jalan Biliton, Surabaya, pada 2002. “Gerai Igor’s pertama kami kecil, ukurannya 7 m x 7 m,” kata Igo. Selain Igo dan Ratna, ada 10 orang karyawan membantunya di dapur.

Sumber : Peluangusaha.kontan.co.id

Kembali | Lihat Semua