Lain-lain
 
Jumat, 09/10/2014
MERAUP CUAN DARI KUE TAR DENGAN DESAIN UNIK

Kue tar identik dengan kue untuk acara-acara khusus, seperti ulang tahun, pernikahan atau pertunangan. Nah, di tengah ketatnya persaingan, produsen kue tar kini berlomba-lomba melakukan inovasi dengan ide-ide baru untuk mempercantik tampilan kue tarnya.

Seperti dilakukan Cynthia, pemilik Schneebesencakes di Ciputat, Tangerang Selatan. Ia menyediakan sajian kue tar untuk acara-acara spesial dengan desain yang unik dan cantik-cantik. Pesanan dekorasi kue juga bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen. Cynthia memulai usahanya ini sejak 2011. "Awalnya bermula dari hobi memasak," katanya.

Cynthia memang pernah mengikuti kurus membuat kue. Namun keahlian mendekorasi kue dipelajarinya secara otodidak. Selain mengembangkan dekorasi dengan konsep modern, Cynthia juga selalu melakukan inovasi dengan menggunakan bahan dekorasi sesuai perkembangan zaman, seperti penggunaan snack Pocky, cokelat Kitkat dan lainnya.

Desainnya kuenya juga bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen. Contohnya, ia pernah membuat kue tar dengan bentuk seperti pot bunga lengkap dengan bunga-bunga mawar di sekeliling kue. "Ada juga yang pesan bentuk karakter-karakter tertentu, semua pilihan warna dan desain dibuatkan sesuai keinginan konsumen," ujarnya.

Jenis dekorasi dan ukuran kue akan menentukan harga jual kue bikinannya. Harganya, kata Cynthia, mulai Rp 250.000 hingga Rp 800.000 untuk kue ukuran besar. Dalam sehari, dia bisa menerima pesanan tiga hingga delapan kue. "Saya membatasi sampai delapan per hari karena semua pengerjaan dilakukan sendiri," ujarnya.

Dengan penjualan sebanyak itu, ia bisa mengantongi omzet sekitar Rp 2 juta per hari atau Rp 50 juta per bulan. Pemain lainnya adalah Alvina Haryadi yang mengusung brand Sweet Escape Pastry di Jakarta.Sama seperti Cynthia, ia juga menerima pesanan kue tar custom dari konsumen. "Yang jelas saya mengembangkan konsep dekorasi baru yang bersifat lebih modern dan kekinian," katanya.

Selama ini, Alvina juga banyak menerima pesanan kue untuk acara ulang tahun, pertunangan, hingga perkawinan. Alvina mematok harga jual kuenya mulai Rp 450.000 untuk ukuran diameter 18 cm dengan topping dekorasi butter cream.Sementara untuk dekorasi clay disesuaikan dengan kerumitan karakter.

Kue dengan dekorasi ini dihargai mulai Rp 800.000 untuk ukuran cukup besar. Sementara untuk kue pengantin dihargai sesuai dengan jumlah tingkatnya. "Kalau tiga tingkat sekitar Rp 3 juta dan tingkat lima Rp 5 juta," jelasnya.Dalam sebulan, ia bisa menerima pesanan 25 kue, dengan omzet yang didapat rata-rata Rp 10 juta perbulan. Ada pun laba bersihnya sekitar 20% dari omzet.

Sumber : peluangusaha.kontan.co.id

Kembali | Lihat Semua