Lain-lain
 
Senin, 29/09/2014
SEDAPNYA PELUANG KEMITRAAN SOSIS BAKAR KHAS JERMAN

Sosis sudah menjadi kudapan yang akrab di lidah masyarakat Indonesia. Makanan yang terbuat dari olahan daging ayam dan sapi ini disukai semua kalangan, mulai anak-anak hingga orang dewasa.Tak heran, bila sosis kini semakin banyak ditemukan di pasar. Salah satu pemainnya adalah Mirna Sarah yang mengusung merek Sosis Bakar Maximee di Jakarta.

Usaha yang berdiri awal tahun 2012 ini resmi menawarkan kemitraan pada 2013. Saat ini, jumlah gerainya sudah ada 17 yang berlokasi di Jabodetabek, Medan, dan Banjarmasin. "Dari 17 gerai itu, dua gerai milik sendiri di Jakarta," ujar Mirna. Sosis Bakar Maximee menyajikan sosis jenis bratwurst, yakni sosis khas Jerman yang dibakar dengan beberapa ukuran. Yakni, ukuran 8 sentimeter (cm), 11 cm, dan 14 cm.

Sosis tersebut diberi saus khusus dengan tiga rasa pilihan, yakni original, keju, dan lada hitam. Dari tiga varian rasa itu yang paling laris sosis bakar original. Harga sosis ini dibanderol mulai Rp 10.000 hingga Rp 14.000, sesuai ukuran.Namun demikian, ia membebaskan mitra menentukan harga jual. "Ada yang menjual lebih murah atau lebih mahal, tergantung daya beli masyarakat sekitar," ujarnya.

Dalam kemitraan ini, Mirna menyiapkan dua paket investasi. Yakni, paket hemat senilai Rp 3 juta dan paket lengkap Rp 4,2 juta.Mitra akan mendapatkan satu set meja lipat aluminium, pemanggang sosis stainless steel, boks kontainer, gas elpiji 3 kilogram (kg) dengan pipa dan selang gas, peralatan masak lengkap, bahan baku sosis, saus, training karyawan, dan peralatan promosi.

Perbedaan paket terletak di pemanggang sosis dan bahan baku sosis. Dalam paket hemat, tungku pemanggangnya hanya satu dengan pasokan bahan baku awal 5 kg sosis. Sedangkan paket lengkap, tungku pemanggang ada empat dan pasokan bahan baku sebesar 10 kg.Dalam kemitraan ini, Mirna tidak memungut biaya franchise dan royalti. Jadi sistemnya beli putus dan semua keuntungan menjadi hak mitra.

Namun, mitra wajib membeli sosis, saus, dan kemasan dari pusat.Dalam sehari, mitra bisa menjual 100 sosis atau setara dengan 20 kg sosis. Adapun omzet per bulan bisa mencapai Rp 30 juta dengan laba bersih mencapai 40%.

Sumber : Peluangusaha.kontan.co.id

Kembali | Lihat Semua