Lain-lain
 
Selasa, 16/09/2014
TAWARAN MERDU BISNIS KARAOKE ANANG

Bisnis karaoke masih tetap bergairah. Itu terbukti dari banyaknya gerai-gerai karaoke anyar yang bermunculan di pusat-pusat kota. Belakangan muncul pula tren para penyanyi Ibukota yang ikut melirik bisnis ini, sebut saja Inul Daratista dengan Inul Vizta, Afgan Sahreza dengan De\'Tones, dan Rossa dengan brand Diva Family Karaoke.Nah, satu lagi penyanyi yang ikut terjun ke bisnis karaoke yakni Anang Hermansyah. Dia membuka bisnis karaoke dengan nama Anang Family Karaoke pada Desember 2013 lalu. Gerai pertamanya beroperasi di Malang, Jawa Timur.

Larry Satrio, General Manager Anang Family Karaoke, mengatakan, untuk tawaran kemitraan baru dibuka pada Juni 2014 ini. Saat ini total gerai Anang Family Karaoke ada lima, empat di antaranya milik mitra yang beroperasi di beberapa tempat seperti Surabaya dan Ambon, serta satu milik pusat di Malang.
Jika berminat bekerjasama, calon mitra harus menyiapkan paket investasi Rp 3 miliar. Mitra sudah mendapat fasilitas desain interior, televisi layar datar, microphone, sound system, pendingin udara, komputer, database lagu, kasir, back office, perangkat kamera pengintai CCTV, dan alat pendukung pemasaran. Mitra dikenakan biaya royalti sebesar 5% per bulan dan jangka waktu kerjasama selama lima tahun. Jika ingin memperpanjang kontrak setelah lima tahun, mitra harus membayar biaya franchise senilai Rp 150 juta.

Cermati izin usaha
Konsep yang ditawarkan adalah tempat karaoke keluarga yang menyediakan fasilitas ruangan untuk bernyanyi dan restoran. Tempat usaha minimal seluas 700 meter persegi (m2) yang bisa menampung sekitar 20 ruangan-32 ruangan beragam ukuran. Harga sewa per ruangan mulai dari Rp 60.000 per jam hingga Rp 250.000 per jam. Pusat akan menyediakan karyawan bagi mitra, namun peralatan karaoke dan bahan baku makanan bisa dibeli di luar. Larry bilang pengunjung yang datang sekitar 70 orang sampai 150 orang per hari. Dari situ, omzet bisa mencapai Rp 20 juta per hari dengan tingkat keterisian sekitar 70% dari seluruh ruangan yang ada. \"Dengan laba bersih hingga 40%, mitra bisa balik modal dalam waktu 2 tahun,\" kata Larry.

Hingga akhir tahun 2014, Larry bilang, Anang Karaoke akan menambah mitra hingga 10 gerai. Dalam waktu dekat, kata dia Anang Karaoke akan tandatangan kontrak dengan beberapa mitra di Jakarta dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Amir Karamoy, pengamat waralaba mengatakan, sebelum bergabung mitra harus memeriksa dulu apakah usaha tersebut sudah memiliki Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW), karena itu merupakan persyaratan mendasar ketika ingin mewaralabakan suatu usaha. \"Juga cermati simulasi usaha yang ditawarkan pewaralaba, apakah sudah terbukti,\" ujar Amir.
Sumber :peluangusaha.co.id

Kembali | Lihat Semua