Lain-lain
 
Senin, 25/08/2014
RENYAH BISNIS OLEH-OLEH KERIPIK KEJU KHAS SURABAYA

Jika mengunjungi Surabaya, Jawa Timur, rasanya tidak afdol apabila tidak membawa oleh-oleh. Sebab Surabaya terkenal sebagai surga bagi para pecinta kuliner. Selain harga makanan di sana relatif terjangkau kantong, kota pahlawan ini memiliki cita rasa khas untuk kuliner andalannya.
Nah, saat ini salah satu oleh-oleh dari Surabaya yang sedang populer adalah almond crispy cheese. Sekilas makanan ini terlihat seperti keripik biasa. Namun keripik yang terbuat dari paduan antara tepung, keju dan kacang almond ini memiliki tekstur yang crispy dan kental dengan rasa keju yang nikmat.
Salah satu merek almond crispy cheese yang lumayan terkenal adalah Wisata Rasa. Tokonya terletak di Jl.Mayjend Sungkono No.135, Surabaya.
Menurut Diana Anugrah, salah satu karyawan di toko Wisata Rasa, usaha ini sudah berjalan lebih dari dua tahun. "Dalam sehari Wisata Rasa dapat menjual sekitar 400 kotak hingga 500 kotak," kata dia.
Permintaan yang membeludak membuat toko ini seringkali kewalahan menyanggupi permintaan konsumen. Kadang kala mereka juga kehabisan persediaan di toko.
Ada tiga varian rasa yang ditawarkan Wisata Rasa yakni original, cokelat dan green tea. Harga jual satu kotak di toko ini sebesar Rp 45.000, artinya omzet penjualan bisa mencapai Rp 22 juta per hari.
Salah satu brand almond crispy cheese lainnya adalah Lusiana. Selain itu ada juga beberapa merek lain juga yang beredar seperti Rainbow dan SRS.
Ternyata, permintaan yang tinggi dari masyarat tersebut membuka peluang usaha bagi pelaku usaha untuk menjual kembali oleh-oleh khas Surabaya ini. Ini terlihat dari banyak pelaku usaha yang membeli untuk dijual kembali lewat toko online.
Silvia, salah satu penjual almond crispy cheese asal Surabaya, bilang, selama sembilan bulan berjualan oleh-oleh khas Surabaya ini, respon masyarakat bagus. Ia mengklaim dalam sehari dapat menjual hingga 15 kotak. Harga satuan dibanderol Rp 55.000 per kotak. "Mayoritas pembeli selama ini berasal dari Jakarta," kata Silvia.
Penjual lainnya, Muhammad Iqbal misalnya, menjual almond crispy cheese melalui media online kaskus.co.id. Ia menjual almond crispy cheese merek Lusiana, Wisata Rasa dan lainnya. Meskipun baru sebulan menjual oleh-oleh khas Surabaya ini, Iqbal mengaku kerap kehabisan persediaan. "Karena kita sering dijatah hanya boleh membeli tiga kotak saja per hari dari Wisata Rasa”, ujar Iqbal.
Sementara Iqbal belum banyak menjual merek Lusiana hingga kini. Dia menjual Lusiana sekitar Rp 41.000 per kotak.Dalam sebulan Iqbal mengaku bisa mendapatkan untung bersih berkisar Rp 500.000 hingga Rp 700.000. Penjualannya kini tidak hanya ke Jabodetabek saja, tapi juga ke Bandung dan Malang.

Kembali | Lihat Semua