Lain-lain
 
Kamis, 07/08/2014
KEMITRAAN KEBAB DENGAN PAKET INVESTASI RP 15 JUTA

Makanan khas Timur Tengah seperti kebab selalu ada peminatnya. Maka tidak heran bila gerai kebab terus bermunculan. Salah satunya adalah Kebab Ar-Raudah milik Reza Dharma.
Kebab Ar-Raudah berdiri sejak tahun 2012. Pada saat yang sama, dia langsung membuka tawaran kemitraan usaha. Saat ini, mitra yang sudah bergabung sudah ada 9 gerai yang tersebar di Jabodetabek. Sedangkan milik sendiri ada enam gerai yang semuanya berlokasi di Jakarta.
Produk yang ditawarkan adalah kebab daging sapi dengan berbagai ukuran. Harga jual produknya mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 13.000 per menu.
Bagi yang tertarik ikut membuka usaha ini, calon mitra harus menyiapkan investasi sebesar Rp 15 juta. Dengan nilai tersebut, mitra sudah mendapat satu set gerobak dengan ukuran 1,5 meter x 1 meter, peralatan masak lengkap, tabung gas, bahan baku awal untuk 400 porsi kebab, serta peralatan promosi. Selain itu, mitra juga sudah mendapatkan fasilitas pelatihan untuk karyawan.
Dengan asumsi penjualan kebab sebanyak 30 kebab sehari, maka Reza bilang omzet yang bisa mitra dapatkan mencapai Rp 11 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya sewa tempat, pembelian bahan baku, dan gaji pegawai, mitra bisa meraup laba bersih sekitar Rp 4 juta per bulan. Dari situ, asumsi balik modal sekitar empat sampai lima bulan.
Reza tidak memberi persyaratan khusus untuk luas ruangan usaha. Dia bilang, ruangan yang diperlukan cukup 2 meter x 2 meter sudah cukup dan bisa menaruh tiga kursi untuk pelanggan yang menunggu.
Dia juga bilang, ketika mitra ingin bergabung, biasanya akan ada survei lokasi. Tempat yang sangat direkomendasikan adalah dekat dengan kampus, sekolah, kantor, dan pasar.
Hingga akhir tahun 2014 ini, Reza menargetkan akan menambah gerainya menjadi 20 gerai. Hingga bulan ini, Reza bilang sudah ada dua calon mitra yang ingin bergabung. "Hingga saat ini, saya masih memprioritaskan mitra di area Jabodetabek dulu. Sebab di luar area tersebut masih sulit untuk mengirim bahan baku dan mengontrol manajemen," kata dia. Selain lewat media sosial, Reza juga kerap melakukan promosi dari mulut ke mulut. Anda berminat?

Kembali | Lihat Semua