Lain-lain
 
Jumat, 31/07/2014
BISA MENJUAL PEMPEK DENGAN INVESTASI RP 1 JUTA

Penggemar makanan khas Palembang yakni pempek tidak terbatas hanya berasal masyarakat asli Sumatra. Lantaran pasarnya yang luas, banyak pelaku usaha kuliner tertarik membuka bisnis ini. Tidak sedikit pula yang menawarkan usaha dengan sistem kemitraan. Salah satunya adalah Hernita Kursiawan.
Dia merintis usaha restoran pempek dan makanan khas Palembang dengan mengusung nama Pempek Seorang Sahabat sejak tahun 2012. Restoran yang bermarkas di Jalan Torompio JM 1 Kelapa Gading ini sudah memiliki dua cabang.
Sejak Juni 2014, Hernita mulai menawarkan kemitraan dengan sistem memasok bahan baku pempek kepada mitra dengan harga miring. Hingga kini Hernita belum memiliki mitra, namun dia mengaku sudah memiliki tiga calon yang masih dalam proses.
Pempek Palembang Seorang Sahabat menyajikan tujuh macam pempek seperti kapal selam, lenjer, pastel, keriting, patat telor, adaan bulat kecil dan pempek kulit. Makanan lain yang disajikan adalah tekwan, model, pindang patin, pindang tulang iga, laksan, dan celimpangan. "Harga pempek dibanderol dengan harga rata-rata Rp 6.000," kata Hernita.
Bagi yang berminat untuk menjadi mitra Pempek Palembang Seorang Sahabat, mitra cukup investasi Rp 1 juta. Dengan investasi tersebut mitra bisa memilih menu yang ditawarkan Pempek Palembang Seorang Sahabat dengan diskon 30%.
Dengan investasi tersebut mitra akan mendapatkan sekitar 500 buah pempek. Jika mitra membeli 5001.000 pempek setelahnya, mitra akan meraih diskon 40% dan lebih dari 1.000 buah akan mendapatkan diskon 50%. "Setelah itu kita akan membimbing mitra untuk memulai bisnis, mulai dari strategi pemasaran, pengelolaan outlet dan pelatihan karyawan," kata Hernita.
Hernita membebaskan mitra untuk menjual pempek saja atau digabung dengan makanan yang lain. "Semua produk sudah disediakan pusat mulai dari kuah hingga pempek, jadi mitra tinggal cari lokasi dan menyediakan etalase," kata dia.
Apabila berhasil menjual 500 pempek per minggu, mitra bisa meraih omzet sekitar Rp 3 juta per minggu. Hernita bilang, pempek buatannya tidak mengandung pengawet sehingga daya tahannya hanya dua minggu dalam freezer.

Kembali | Lihat Semua