Lain-lain
 
Kamis, 23/07/2014
SUKSES USAHA RUMAHAN MENJELANG LEBARAN

Lebaran memang sangat identik dengan hal-hal yang serba baru. Sepatu baru, baju baru, tas baru, celana baru, mukena baru, dan lainnya. Di samping itu, lebaran juga identik dengan berbagai macam sajian kue atau parcel Lebaran. Sehingga tidak heran bila hampir setiap tahun ketika memasuki bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri atau Lebaran, banyak orang yang memanfaatkan moment ini untuk membuka peluang usaha rumahan yang menjanjikan keuntungan cukup besar.
Bisa dikatakan usaha tahunan ini lumayan menjanjikan, walaupun waktunya tergolong singkat, kurang lebih hanya berkisar satu bulan. Tentu Anda tidak ingin melewatkan kesempatan untuk meramaikan bisnis tahunan ini kan?
Banyak pilihan usaha yang bisa Anda jalankan, antara lain sebagai berikut.
Bisnis Pakaian
Dapat meliputi baju muslim wanita, laki-laki dan anak-anak. Sudah menjadi tradisi setiap Lebaran orang-orang membeli baju atau pakaian baru. Bisnis ini dapat menjadi alternatif pilihan Anda.
Bisnis kue kering
Jika Anda gemar membuat aneka macam kue, Anda tak perlu bingung untuk menjalankan bisnis kue kering. Karena ketika menjelang hari Lebaran banyak orang mencari kue kering seperti, “nastar, putri salju, kastangel, kue coklat, dan lainnya”.
parcel lebaranBisnis parcel
Budaya saling mengirimkan parcel lsaat Lebaran dapat Anda manfaatkan sebagai peluang usaha.
Bisnis perlengkapan ibadah
Sama halnya dengan baju/pakaian baru, banyak orang yang membeli perlengkapan ibadah. Seperti mukena, sajadah, peci, sarung. Apalagi jika ada trend baru di pasaran dan Anda dapat menjualnya dengan harga yang lebih miring, sudah tentu akan banyak yang memburu.
Bisnis penitipan hewan
Ketika menjelang Lebaran pastilah banyak yang melakukan acara mudik ke kampung halaman. Tidak jarang dari pemudik yang memiliki hewan kesayangan seperti kucing. Sudah menjadi hal yang biasa para pemilik hewan kesayangan ini menitipkan hewan peliharaan mereka selama mudik Lebaran.
Jika Anda ingin mencoba menjalankan usaha rumahan selama lebaran, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Diantaranya, “modal, ketersediaan atau stok barang, dan strategi pemasarannya.”
Modal. Modal dalam hal ini sangatlah penting. Karena jika tidak ada modal, artinya akan kesulitan dalam menjalankan bisnis Anda. Upayakan Anda telah menyiapkan dana khusus diluar kebutuhan pokok, sehingga tidak mengganggu keuangan Anda.
Produksi dan perolehan Barang. Apakah barang yang akan Anda jual Anda buat atau produksi sendiri atau Anda mengambil dari orang lain. Jika Anda memproduksi barang dagangan Anda sendiri, pastikan Anda tidak keteteran saat melakukan produksi. Bila perlu ajak anggota keluarga Anda untuk membantu. Namun jika Anda mengambil barang dari orang lain, pastikan Anda mengetahui produsen-produsen yang berkompeten. Akan sangat membantu ketika Anda mempunyai rekannan/teman yang telah menjalakan usaha serupa. Karena akan mempermudah untuk memperoleh stok barang serta dan membantu masalah dana/modal usaha Anda.
Pemasaran. Untuk pemasaran bisnis atau usaha Anda, cobalah beberapa cara dibawah ini :
Memasarkan langsung kepada teman-teman dekat Anda. Atau dapat juga memasarkan secara door to door untuk wilayah sekitar rumah Anda.
Dapat juga dipasarkan dengan cara menitipkan produk Anda ke beberapa toko atau supermarket (untuk produk kue kering dan parcel).
Bisa juga Anda menawarkan ke perusahaan-perusahaan swasta atau perusahaan suami Anda. Anda dapat menawarkan melalui sampel yang di bawa suami Anda atau melalui manajemennya. Jika perusahaan tersebut membutuhkan paket parcel atau kue kering lebaran untuk karyawannya, tentu akan menjadi peluang manis bagi usaha Anda.
Dengan memasarkannya melalui internet atau online. Jangkauan dengan media online atau internet sangat luas, sehingga Anda dapat mencakup pesanan dari berbagai daerah.
Dengan menggunakan perangkat Mobile. Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan perangkat smartphone, seperti blackberry. Anda dapat menawarkan kepada teman-teman Anda ataupun melalui teman Anda yang tergabung dalam grup di smartphone.
Sekarang Anda sudah memperoleh gambaran mengenani peluang usaha yang dapat dijalankan selama Ramadhan hingga Lebaran. Kini giliran Anda untuk memulai usaha Anda. Selamat mencoba, semoga sukses!! Sumber : bisnisukm.com

Kembali | Lihat Semua