Lain-lain
 
Senin, 14/07/2014
BISNIS KREATIF HANTARAN PERNIKAHAN

Bulan Syawal atau setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu bulan pilihan bagi para pasangan untuk melangsungkan acara pernikahan. Mendekati musim pernikahan tersebut, pesanan kebutuhan perlengkapan pernikahan seperti catering, dekorasi, pelaminan, persewaan tenda, akan mengalami peningkatan yang cukup besar. Tidak ketinggalan juga dengan pesanan hantaran pernikahan. Hantaran pernikahan menjadi hal yang sangat penting dalam kelangsungan acara pernikahan itu sendiri.
Hantaran pernikahan meliputi sejumlah perlengkapan yang ditujukan untuk melancarkan acara pernikahan sesuai dengan adat istiadat masing-masing daerah. Hantaran pernikahan ini pada umumnya dapat berupa serangkaian barang yang mengandung atau mewakili makna tertentu. Hantaran pernikahan ini dapat berupa uang tunai, perhiasan, kain adat, pakaian dan perlengkapan wanita, makanan khas, buah-buahan, kebutuhan pokok, ayam, dan lainnya.
Begitu pentingnya hantaran pernikahan, dapat anda manfaatkan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dan penuh keuntungan. Bisnis hantaran pernikahan ini cukup menjanjikan, karena pernikahan hampir selau ada setiap bulannya. Dan biasanya para konsumen cukup royal merogoh kocek lebih dalam, untuk segala yang berhubungan dengan kebutuhan pernikahan. Hal lain yang mendukung semakin menjanjikannya bisnis hantaran ini adalah karena adanya keterbatasan waktu, dan banyaknya urusan yang harus ditangani para konsumen. Sehingga pada akhirnya mereka memilih untuk memesan atau menggunakan jasa pembuat hantaran pernikahan.
Tidak perlu khawatir bila anda tidak memiliki cukup modal, anda dapat memulai bisnis ini sebagai penyedia jasa pembungkusan saja. Anda hanya membutuhkan kreatifitas, inovasi, ketelatenan serta kemauan yang keras. Karena semua bahan dan peralatan sudah disiapkan oleh konsumen atau pemesan. Namun jika anda memiliki modal yang cukup, anda bisa menjadi menggunakan metode all in dimana anda yang menghandel semua keperluan, dari pengadaan barang hantaran, pengemasan, hingga pengiriman.

Tips membuat hantaran pernikahan
1. hantaran pernikahanPemilihan tempat hantaran. Bahan dari tempat hantaran perlu anda tentukan terlebih dahulu. Hal ini dikarena ada beberapa jenis tempat atau wadah hantaran yang bisa di gunakan. Ada boxs atau kotak yang terbuat dari rotan, kertas, bahkan ada kreasi dari kertas semen. Menentukan tempat hantaran ini bertujuan untuk menyesuaikan isi hantaran, agar tidak menimbulkan kesan aneh atau tidak pantas.
2. Pemilihan bahan Aksesoris. Aksesoris yang biasanya digunakan adalah pita jepang, pita kain, pita satin, pita organdi. Selain itu juga dapat menggunakan aneka macam bunga plastik, daun plastik, boneka berbie, dan lainnya. Yang perlu anda perhatikan adalah jangan menggunakan atau menambahkan aksesoris secara berlebihan, agar tetap dapat terfokus pada isi hantaran itu sendiri. Aksesori yang berlebihan juga akan membuat kreasi isi hantaran menjadi tidak lagi indah.
3. Bentuk Kreasi. Kreatif dan inovatif menjadi kunci utama dalam membuat berbagai macam bentuk kreasi hantaran. Kreasikan setiap hantaran menjadi bentuk yang berbeda-beda. Semakin bergam dan unik, maka hantaran akan semakin menarik. Dan konsumen andapun menjadi lebih puas.
4. Sesuaikan antara bentuk dengan isi hantaran. Hal ini dimaksudkan agar jangan sampai ada ketidaksesuaian antara bentuk wadah hantaran dengan isi hantaran. Dan kreasikan dengan menarik, misalkan, mukena dapat anda bentuk menjadi sebuah bunga besar dan tasbihnya dijadikan sebagai kelopak bunga. Jika anda menemukan ruang kosong di tempat atau wadah hantaran tersebut, maka bisa anda isi dengan tambahan hiasan atau aksesoris yang masih satu tema dengan isi hantaran.
5. Gunakan alat bantu secara efektif. Usahakan dalam setiap pembuatan hantaran anda tidak terlalu banyak menggunakan alat bantu seperti jarum pentul, karet gelang dan semacamnya. Gunakan alat bantu seperlunya, dan pintar-pintarlah mengakalinya, agar tidak merusak barang hantaran itu sendiri. Misalkan anda menggunakan jarum pentu berlebihan pada sebuah kain, maka akan menimbulkan banyak bekas tusukan pada kain tersebut.
6. Pemilihan plastik. Dalam pengemasan hantaran biasanya plastik digunakan untuk melindungi hantaran dari debu dan kotoran. Gunakan plastik pembungkus yang siap pakai. Anda bisa memilih plastik polos tipis, plastik polos tebal maupun plastik tipis bermotif.
Nah, selagi masih ada waktu menjelang musim pernikahan, anda bisa menyiapkan diri dari sakarang. Semoga bermanfaat, dan salam sukses! Sumber : bisnisukm.com

Kembali | Lihat Semua