Lain-lain
 
Selasa, 09/06/2014
MEREGUK UNTUNG DARI BETERNAK AYAM SERAMA

Ayam serama memiliki keunikan dan perawatan relatif mudah sehingga menjadi daya tarik untuk dikembangbiakkan.

Beternak ayam serama di Palu, Sulawesi Tengah, memang cukup menjanjikan. Selain karena memang peternaknya masih sedikit, juga tidak membutuhkan modal besar dan keuntungan yang didapat pun lumayan.

Cabu (43) salah satu peternak ayam serama mengaku, awalnya beternak ayam serama dari hobi. Kini, lanjut Cabu, ia telah mengembangbiakkan ayam seramah, sebagai usaha sampingan rumahan miliknya.

Usaha ini diakuinya cukup menguntungkan, karena hanya memelihara selama kurang lebih enam bulan, ia sudah pasti mendapatkan untung jutaan rupiah dari sekali jual dalam masa enam bulan peternakan.

"Harganya mulai dari Rp 250 ribu hingga jutaan rupiah per-ekor. Itu tergantung bagus tidaknya bulu dari ayam ini. Kalau bulunya berwarna bagus dan ekornya dapat berdiri tegak harganya itu pasti mahal. Jika sebaliknya, ya pasti murah," terang Cabu kepada Liputan6.com saat ditemui di tempat peternakan miliknya, di Jalan Wr Supratman, Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat, yang ditulis Minggu (1/6/2014).

Menurut dia, saat ini ada puluhan ekor ayam serama yang diternaknya. Empat ekor di antaranya telah dipesan sejak kali pertama diternak oleh pecinta ayam serama yang ada di Kabupaten Donggala. "Meskipun masih kecil, ayam serama ini juga sudah mulai dipesan," kata Cabu.

Ayam serama memang memiliki ketertarikan tersendiri bagi para pecinta ayam, pasalnya jenisnya yang unik dengan penampilan yang berlagak seperti model di atas panggung jika berjalan sambil berkokok dengan dada membusung bak binaraga.

"Pemeliharaan ayam ini, tidak begitu rumit. Perawatannya sama halnya dengan jenis ayam lainnya, yang setiap hari diberi makan, vitamin, dimandikan, dan dijemur," tandas Cabu.

Seperti diketahui, ayam serama di beberapa kota lain di tanah air, biasanya digunakan dalam perlombaan. Dalam perlombaan itu pun ada banyak kategori yang diikuti ayam ini, dengan hadiah yang cukup memuaskan.

Tidak hanya di dalam negeri, ayam ini juga sudah sangat terkenal di beberapa negara tetangga, seperti hal di Malaysia negara asal ayam ini dan Thailand. Di Malaysia, ayam ini cukup menjadi primadona tersendiri.
Sumber : liputan6.com

Kembali | Lihat Semua