Lain-lain
 
Minggu, 24/05/2014
MENEGUK KEUNTUNGAN JUALAN ES JELLY BERBENTUK MI

Inovasi produk camilan makin beragam, seiring makin tingginya persaingan usaha di sektor kuliner. Salah satunya adalah jelly. Tidak hanya dibuat berbentuk binatang atau benda lucu berwarna-warni untuk menarik perhatian anak-anak, jelly saat ini jamak dibentuk menyerupai mi.
Marlina misalnya, memproduksi jeli berbentuk mi dan bisa dikonsumsi dengan sumpit. Dia memulai usaha yang diberi nama Es Mie Jelly Deli Cool ini pada tahun 2012. Agar bisnisnya terus berkembang, dia juga menawarkan paket kemitraan pada awal 2013. Saat ini dia telah memiliki 51 gerai yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Serang, Sidoarjo, hingga Cirebon. "Sebagian besar milik mitra. Milik pusat hanya satu di Serpong," ujar dia.
Jika tertarik menjadi mitra, Marlina menawarkan dua paket investasi yang bisa dipilih. Pertama paket bazaar senilai Rp 5 juta dan kedua paket standar senilai Rp 10 juta. Mitra dua paket ini akan mendapatkan fasilitas usaha seperti booth, perlengkapan usaha seperti termos, canting sirop, canting jeli, mangkuk, sendok plastik, sumpit, kotak tempat mi, dan seragam karyawan. Mitra juga akan mendapatkan bahan baku awal seperti sirop, leci, dan biji selasih.
Perbedaan dari kedua paket tersebut adalah ukuran booth yang akan didapat mitra serta kuantitas bahan baku serta peralatan. Dan, setelah bergabung, booth akan menjadi hak milik mitra. Marlina tidak membebankan biaya royalti bagi mitra. Mitra diperbolehkan menggunakan nama usaha lain meski tetap membeli bahan baku dari pusat.
Harga jual es mi jeli ini dipatok Rp 10.000 per mangkuk. Tiap sajian bisa dilengkapi dengan berbagai taburan yang bisa dipilih, seperti biji selasih, sari kelapa (nata de coco), buah leci, atau sirop berbagai rasa.
Jika lokasi usaha strategis dan sedang ramai, dalam sehari mitra bisa meraih penjualan 50 mangkuk. Itu berarti omzet sekitar Rp 500.000 per hari atau sekitar Rp 15 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya-biaya operasional, mitra masih bisa mengantongi laba bersih sekitar Rp 5 juta per bulan. Sehingga, balik modal sekitar satu bulan hingga dua bulan.
Marlina berharap tahun ini dia bisa terus menambah jumlah mitra. Tidak hanya di Pulau Jawa, dia menargetkan penambahan mitra sampai luar Jawa. Jika Anda berminat, silakan mencermati tawarannya.

Kembali | Lihat Semua