Lain-lain
 
Rabu, 14/05/2014
ES PISANG IJO AZZAM BISA BALIK MODAL DUA BULAN

Kudapan es pisang hijau makin dikenal masyarakat luas. Ini terbukti dari makin banyaknya pengusaha kuliner yang memilih untuk menjual minuman khas Makassar ini. Bahkan tidak sedikit yang membuka peluang kemitraan. Selain modal usahanya relatif terjangkau, rasa camilan pisang hijau ini memang nikmat.

Salah satu pelaku usaha yang menjalankan usaha ini adalah Nandar Prihatono. Dia mendirikan usaha Es Pisang Ijo Azzam pada 2011 di Purbalingga, Jawa Tengah. Setelah beroperasi selama dua tahun, dia lantas membuka tawaran kemitraan sejak awal 2013. Saat ini mitra yang sudah bergabung sebanyak 12 mitra yang tersebar di Purbalingga, Banjarnegara, dan Purwokerto.

Nandar menawarkan paket investasi senilai Rp 4 juta. Dengan biaya tersebut, mitra akan mendapatkan perlengkapan produksi seperti termos es ukuran jumbo, tempat pisang, mangkuk, sendok, sendok, dan pisau. Selain itu mitra juga mendapatkan gerobak yang berbentuk etalase yang bisa dipindah-pindah, brosur promosi, serta seragam karyawan.

Nandar bilang, kerjasama ini hanya berlangsung selama 2 tahun tanpa ada biaya royalti. Setelah kerjasama berakhir, gerobak akan menjadi milik mitra.

Harga es pisang hijau yang dijual bervariasi. Paling murah rasa original seharga Rp 5.000 per porsi. Adapun yang paling mahal seharga Rp 11.000 per porsi, yaitu pisang hijau dengan rasa durian. Menu lain pisang ijo yang bisa dipilih adalah es pisang ijo dengan taburan rasa kacang, cokelat, keju, stroberi, dan cappuccino.

Dalam sehari satu gerai mampu menjual 3050 porsi pisang hijau. Alhasil, omzet mitra bisa mencapai Rp 10 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya sewa tempat, pembelian bahan baku, gaji pegawai, dan biaya operasional lainnya, laba bersih yang didapat mitra sekitar Rp 2 juta. Sehingga mitra bisa balik modal dalam dua bulan.

Nandar mengatakan, kelebihan Es Pisang Ijo Azzam adalah mitra dibina untuk selalu menjaga kebersihan dan kualitas produk. Selain itu, sirop yang digunakan sebagai pemanis kudapan ini berasal dari sirop pandan dari gula asli. Sedangkan pisang yang digunakan adalah pisang raja yang sudah matang. Nandar menargetkan menambah 10 mitra baru di tahun ini.
Sumber : peluangusaha.kontan.co.id

Kembali | Lihat Semua