Lain-lain
 
Kamis, 06/03/2014
PEMKAB SIMALUNGUN KEMBANGKAN KOPI ARABIKA

SIMALUNGUN, (SeputarUKM) – Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara memprogramkan pengembangan komoditas tanaman kopi jenis Arabika di 10 dari 31 kecamatan wilayah tanah Habonaron do Bona ini.

“Ada lebih kurang 9.460 hektare luas areal tanaman kopi dengan potensi produksi rata rata satu tonlebih per hektar dalam masa satu tahun,” ucap Kadis Perkebunan Simalungun Amran Sinaga, Senin (3/3/2014).

Dia menyampaikan letak geografis Kabupaten Simalungun yang berada di ketinggian 1.000-1.400 meter di atas permukaan laut sangat cocok dan ideal untuk tanaman kopi.

Pemkab Simalungun kata Amran, saat ini berupaya meningkatkan mutu produktivitas dengan memberikan bibit – bibit terbaik dan berkualitas serta memberikan penyuluhan cara menanam, merawat dan memanen kepada petani kopi supaya panennya maksimal.

“Cara memupuk, memangkas, dan melindungi tanaman kopi dengan tanaman lamtoro dan ingul perlu diketahui,” kata Amran.

Pemkab juga berupaya memperoleh legalitas hasil tanaman kopi daerah ini melalui pengajuan hak paten ke Pemerintah Pusat dan memperluas pasaran kopi ke seluruh aerah bahkan luar negeri.

“Dalam waktu dekat ini Kementerian Hukum dan HAM serta tenaga ahli dari Jember akan meninjau lokasi dalam kaitan kelengkapan letak geografis untuk hak paten Kopi Arabika Simalungun,” sebut Kepala Dinas Perkebunan ini.

Untuk pemasaran, Pemkab telah membuka komunikasi dengan sebuah perusahaan komoditas pertanian berskala internasional.

“Dari 10 kecamatan, kita konsentrasikan untuk awalnya di Kecamatan Purba sekaligus pengemasan dan promosinya,”kata Kepala Dinas Perkebunan ini. (Bis.Sumut)

Kembali | Lihat Semua