Lain-lain
 
Jumat, 27/02/2014
SENTRA BISNIS PEMBUATAN PIALA DAN PLAKAT

Sudah lama kawasan Jalan Mas Suharto Yogyakarta dikenal sebagai sentra pembuatan aneka macam piala, plakat, dan souvenir. Menurut keterangan salah seorang pedagang yang berjualan di situ, tahun 1993 menjadi awal mula kawasan yang terkenal dengan sebutan Jambu tersebut menjadi sentra produksi aneka jenis piala/ trophy. Ketika itu Jasa Mulia (JM) yang memproduksi trophy berbahan baku gravir menjadi pioneer munculnya pengrajin lainnya di kawasan tersebut.

Berkembangnya JM ternyata menginspirasi pihak-pihak lain untuk mengembangkan usaha serupa. Alhasil kawasan Jambu saat ini dipenuhi deretan pengrajin (pedagang) trophy dengan berbagai desain dan bahan baku. Salah satunya adalah New Ankabut, yang dimiliki oleh seorang anak muda bernama Azarya (23). Berdiri sejak tahun 2010, New Ankabut menyediakan berbagai macam trophy dan plakat dengan bahan baku marmer, resin, akrilik, dan kayu.

“Pelanggan kami kebanyakan dari instansi pemerintah, swasta, dan universitas yang ingin dibuatkan souvenir mewakili instansi mereka,” terang Azarya kepada tim liputan bisnisUKM, Selasa (8/10). Selama ini pihaknya menerima pesanan dengan desain sesuai dengan keinginan konsumen. Namun, di outlet yang berkuran 3×4 meter tersebut, Azarya menyediakan sampel desain dan model, sehingga konsumen bisa menyesuaikan sendiri.

Ketika ditanya harapan ke depannya, pemuda asal Klaten tersebut berniat untuk memaksimalkan pemasaran produknya melalui media online. “Selama ini saya hanya mengandalkan kios/ outet ini sebagai ujung tombak pemasaran, sehingga memang dirasa kurang maksimal,” imbuhnya. Harga yang dipatok Azarya sejauh ini juga bervariasi, yakni berada di kisaran Rp.150.000,00/ set s.d. Rp.5.000.000,00/ set, tergantung tingkat kesulitan dan lama pengerjaannya. Sumber : bisnisukm.com

Kembali | Lihat Semua