Lain-lain
 
Kamis, 29/09/2010
USAHA INDUSTRI EMPING MLIJO

Produk industri rumah tangga ini sangat dicari saat menjelang hari Raya Idulfitri, sebagai salah satu sajian meja pada saat silaturahmi keluarga. Sentra indistri emping mlinjo berada di Kecamatan Plantungan; Pageruyung dan Patebon.
Tanaman melinjo banyak tumbuh di Kecamatan Pageruyung, Plantungan dan Kecamatan Patebon sehingga beberapa desa di kecamatan tersebut merupakan daerah sentra industri kecil pembuatan emping melinjo. Sentra emping melinjo berada di Kecamatan Plantungan, Kecamatan Pageruyung dan Patebon yang merupakan usaha turun temurun dari nenek moyang mereka dan masih dikerjakan dengan peralatan yang sederhana.

Jumlah industri kecil emping melinjo pada tahun 2007 mencapai 152 unit usaha dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 169 orang. Salah satu kendala yang dihadapi oleh pengrajin industri kecil pembuatan emping melinjo di sentra adalah penyimpanan pasca panen buah melinjo sebagai bahan bakunya, sementara ini buah melinjo yang dipanen apabila permintaan emping melinjo berkurang maka buah melinjo tadi dijual ke tengkulak.
Emping melinjo di sentra industri pembuatan emping melinjo di Kecamatan Plantungan sudah banyak dikenal oleh masyarakat Kabupaten Kendal bahkan di luar Kabupaten, misalnya Semarang, Magelang, Pekalongan, dan Batang. Untuk produksi emping melinjo Kabupaten Kendal bentuknya agak pulen dan tidak retak apabila ditumbuk.

Kembali | Lihat Semua