Lain-lain
 
Sabtu, 18/09/2010
PELUANG USAHA GULA AREN

Salah satu industri yang berkembang di Kecamatan Limbangan adalah industri pembuatan gula aren. Pembuatan gula aren ini dikelola oleh hampir setiap warga di tiap-tiap desa di Kecamatan Limbangan. Tanaman aren yang ber kembang ini tidak lepas dari daya dukung sumber daya alam, tanaman aren sebagai bahan baku pembuatan gula aren tumbuh tersebar di daerah / wilayah Kecamatan Limbangan.
Pada umumnya desa yang menjadi sentra gula aren di Kecamatan Limbangan sifatnya home industri walaupun sebagian ada juga yang sudah diusahakan skala sedang maupun penampungan dari pengrajin - pengrajin setempat.

Gula aren hasil produk sentra di Kecamatan Limbangan pada banyak kesamaannya dengan gula aren daerah lain pada umumnya yaitu : rasanya manis, aromanya khas gula aren, warna coklat cerah, tekstur cerah agak masir dan tidak mudah leleh.

Pemasaran hasil produksi selama ini dilakukan oleh para pedagang yang langsung membeli ke pengrajin dengan cara memesan atau meminjami dulu uang untuk modal tambahan. Daerah pemasar an gula aren di sentra Kecamatan Limbangan meliputi Kabupaten Kendal serta Semarang dan sekitarnya.

Kembali | Lihat Semua