Lain-lain
 
Selasa, 14/09/2010
SENTRA INDUSTRI KECIL GERABAH

Industri gerabah tetap bertahan meskipun menghadapi persaingan dengan peralatan memasak modern masa kini. Para pengrajin terus berinovasi dengan mengadakan diversifikasi produk seperti pot bunga; hiasan dari keramik dan hiasan taman dll.

Pada tahun 1970-an jumlah pengrajin industri kecil gerabah di Kabupaten Kendal lebih dari 200 unit usaha yang terdapat di Kecamatan Kota Kendal dan Kecamatan Weleri. Namun dengan kemajuan peradaban manusia sekarang ini banyak diproduksi barang substitusi sehingga jumlah industri gerabah mengalami penurunan drastis menjadi 40 unit usaha pada tahun 2007. Dari sejumlah 40 unit usaha tersebut dikerjakan oleh orang-orang yang sudah tua, sedangkan generasi muda sudah tidak tertarik pada kegiatan kerajinan gerabah. Jumlah tenaga kerja yang terserap oleh industri kecil gerabah sebanyak 52 orang.

Barang-barang yang dibuat antara lain periuk, cobek, tungku, wajan dan barang-barang bersifat seni seperti aneka pot / vas bunga, barang hiasan ruang tamu, hiasan taman, dan lain-lain yang dipesan oleh penggemar barang seni.

Kembali | Lihat Semua