Lain-lain
 
Selasa, 16/07/2013
BERMAIN BISNIS DARI USAHA GAME ONLINE

Bisnis game oline tak pernah surut. Terbukti, bisnis ini terus kedatangan pemain baru. Lantaran pasarnya besarnya, banyak dari mereka yang menawarkan kemitraan untuk melebarkan sayap usahanya.

Salah satu pendatang baru di bisnis ini adalah Aprila Andi yang mengusung brand Glow Game di Jember, Jawa Timur. Berdiri tahun 2010, ia resmi menawarkan kemitraan pada awal tahun ini.

Saat ini, Glow Game telah memiliki dua gerai. "Dari dua gerai itu, satu milik pusat dan satu milik mitra yang juga berlokasi di Jember," kata Aprila. Glow Game mematok biaya kemitraan sebesar Rp 269 juta.

Mitra akan memperoleh 30 unit komputer PC plus OS original, komputer PC untuk kasir, LAN (local-area network), meja kursi serta furnitur yang dibutuhkan, termasuk promosi dan teknisi. "Harga tersebut untuk Pulau Jawa, sementara di luar Jawa ada biaya tambahan tergantung lokasi," ujar Andi.

Aprilia mensyaratkan, mitra memiliki lokasi dengan luas 200 meter persegi. Mitra juga harus memiliki sambungan listrik berkapasitas 2 x 3.500 watt. Lokasi juga harus memiliki kapasitas parkir untuk 30 motor dan memiliki toilet.

Untuk karyawan akan disediakan oleh kantor pusat. Sehingga, mitra tak perlu memikirkan sumber daya manusia dan operasional, karena seluruhnya sudah dibuat SOP oleh pusat. "Mitra tinggal mengelola manajemen keuangan," ujarnya.

Ia membuat konsep game online 24 jam, sehingga nantinya akan ada tiga shift karyawan. Harga permainan game online di Jember Rp 2.500 per jam. Mitra dapat menyesuaikan harga sesuai lokasi.

Ia menargetkan, omzet mitra antara Rp 35 juta hingga Rp 40 juta per bulan. Laba bersihnya sekitar 30%. "Target saya mitra bisa kembali modal dalam 24 bulan," ujar Aprilia.

Selama mitra belum kembali modal, Andi tidak memungut biaya royalty fee sama sekali. Namun, ia menerapkan sistem bagi hasil 50% setelah mitra kembali modal.
"Kemitraannya seumur hidup sehingga tidak usah diperpanjang, tetapi bagi hasil 50% setelah mitra balik modal," tutur Aprilia.

Hal ini, menurutnya karena mitra akan terus menggunakan sistem operasional pusat dan karyawan dari pusat. Ia mengungkapkan keunggulan Glow Game adalah game yang selalu update. Karyawan pun dibekali pengetahuan mengenai game online sehingga dapat memberi arahan pada pelanggan.

Sumber : Kontan.co.id

Kembali | Lihat Semua