Lain-lain
 
Rabu, 07/08/2012
MINYAK MENTAH SENTUH HARGA TERTINGGI DUA MINGGU

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah naik dan mencapai posisi harga tertinggi dalam dua minggu seiring dukungan Pemerintah Jerman terhadap rencana Bank Sentral Eropa untuk membeli obligasi.

Harga minyak West Texas Intermediate untuk pengantaran September naik 80 sen menjadi 92,20 dollar AS per barel, di New York Mercantile Exchange, Senin waktu setempat atau Selasa (7/8/2012) pagi. Ini adalah penetapan tertinggi sejak 19 Juli 2012.

Harga minyak Brent untuk penetapan September juga naik sebesar 61 sen, atau 0,6 persen, menjadi 109,55 dollar AS per barel, di ICE Futures Europe exchange, London.

Mata uang euro menguat terhadap dollar AS seiring dengan pernyataan wakil juru bicara Kanselir Jerman Angela Merkel, Georg Streiter, mengatakan Pemerintah Jerman mendukung rencana Bank Sentral Eropa untuk menurunkan biaya pinjam di Spanyol dan Italia. Bank sentral rencananya akan membeli obligasi. Euro pun menguat 0,5 persen menjadi 1,2444 dollar AS.

Menguatnya euro dan melemahnya dollar AS mendorong minyak sebagai alternatif investasi. "Jerman tampaknya siap berjalan bersama dengan proposal pembelian obligasi oleh ECB (Bank Sentral Eropa)," sebut Michael Lynch, Presiden Strategic Energy & Economic Research, di Winchester, Massachusetts.

Sumber :KOMPAS.com

Kembali | Lihat Semua