Lain-lain
 
Kamis, 08/10/2015
MELIPAT LABA USAHA MARTABAK BANGKA

Ada tawaran kemitraan usaha gerai martabak bangka dari Lampung bernama Martabak Bangka Sinar Fajar 26. Usaha ini sudah berdiri sejak 1992 silam. Paket investasi yang ditawarkan Rp 60 juta. Mitra akan dapat peralatan hingga desain ruangan. Target balik modal sekitar setahun.

Sudah sejak dulu martabak sudah menjadi salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia. Maka tak heran jika jajanan yang umumnya dijual pada malam hari ini ramai dijajakan di berbagai tempat. Salah satu merek martabak yang sudah cukup lama eksis adalah Martabak Bangka Sinar Fajar 26. Usaha besutan Taufik Hassan asal Lampung ini sudah beroperasi sejak tahun 1992. Setelah bisnisnya cukup stabil, ia memutuskan menawarkan kemitraan usaha di tahun 2011 silam.

Saat ini, Martabak Bangka Sinar Fajar 26 telah memiliki delapan gerai milik pusat dan 68 gerai milik mitra yang tersebar Lampung, Palembang, Medan, Bengkulu, Jambi, Jakarta, Bandung, Manado, dan Samarinda. Jika ingin bergabung menjadi mitra, paket investasi yang ditawarkan senilai Rp 60 juta.

Mitra akan mendapatkan gerai gerobak lengkap dengan peralatan masak senilai Rp 33 juta, peralatan pendukung operasional, seragam karyawan, panduan operasional dan perekrutan beserta pelatihan karyawan. Selain itu mitra juga akan mendapat pendampingan saat pembukaan gerai, desain ruangan, serta promosi awal selama tiga hari berupa kupon diskon.Namun, nilai investasi ini di luar sewa tempat. Mitra wajib menyediakan tempat dengan luas minimal 3 m x 4 m. Dalam satu gerai membutuhkan sekitar empat orang Kemitraan ini tidak memungut biaya royalti, namun mitra wajib membeli resep adonan dari pusat.

Taufik menjelaskan ada enam resep adonan yang wajib dibeli mitra. Seperti resep A yang bisa menghasilkan 432 loyang martabak kecil dan 72 loyang martabak besar dan beberapa resep lain dengan kapasitas produksi martabak yang lebih sedikit.

Resep adonan sendiri
Ada 11 varian menu yang ditawarkan Martabak Bangka Sinar Fajar 26, yakni martabak telur, martabak biasa, martabak keju, martabak selai nanas, martabak stroberi, martabak bluberi, martabak spesial, pisang keju, kismis keju, jagung keju, dan martabak durian. Harga jual menu berkisar Rp 7.000 hingga Rp 45.000 per porsi.Hitung-hitungannya, dengan mampu menjual minimal 60 martabak besar saban hari, satu gerai bisa meraup omzet Rp 2,7 juta per hari atau sekitar Rp 81 juta sebulan. Setelah dikurangi biaya bahan baku, sewa tempat, gaji pegawai dan biaya operasional lain, mitra bisa mendapat laba bersih sekitar 40%. Jika target tercapai, mitra bisa balik modal kurang dari setahun.

Dia mengklaim kelebihan Martabak Bangka Sinar Fajar 26 terletak pada resep rahasia tanpa bahan pengawet sehingga mempunyai cita rasa yang khas.Christine Wuryanano, Konsultan Bisnis dari Kampus Entrepreneur Swastika Prima mengatakan, agar bisa bersaing, pusat harus bisa berinovasi dan berkreasi. Tidak hanya dari sisi produk tapi juga misalnya dari sistem pemasaran untuk menggaet konsumen.

Martabak Bangka Sinar Fajar 26
Jl. Pulau Damar No. 98 Perum Way Kandi, Lampung
Hp: 0811 791 231

Sumber : Peluangusaha.kontan.co.id

Kembali | Lihat Semua