Lain-lain
 
Minggu, 22/08/2015
MENGGILING LABA DARI BISNIS JASA BINATU

Satu lagi tawaran waralaba bisnis jasa binatu (laundry). Kali ini datang dari Chris Gajahera, pemilik gerai Laundry Extra Qilo di Batam. Ada dua paket waralaba yang ditawarkan, yakni senilai Rp 60 juta dan Rp 85 juta. Mitra diperkirakan bisa balik modal dalam waktu 9 bulan-16 bulan.Bagi sebagian masyarakat di perdesaan maupun perkotaan, mencuci pakaian di tengah padatnya rutinitas sehari-hari, bukan sebuah pekerjaan ringan. Apalagi, setelah dicuci, pakaian harus dijemur untuk dikeringkan, disetrika, dan dirapikan.

Nah, di tengah kesibukan masyarakat, jasa laundry semakin dibutuhkan. Kini, gerai penyedia jasa binatu semakin menjamur. Salah satu pemain di bisnis ini ialah Chris Gajahera, pebisnis binatu asal Batam dengan bendera usaha Laundry Extra Qilo. Chris memulai usaha jasa binatu sejak tahun 2002.Namun, ia baru mendirikan Laundry Extra Qilo sejak 2008. Untuk mengembangkan usahanya, pada Januari 2009, Chris mulai menawarkan paket waralaba. Saat ini, Chris punya satu gerai sendiri dan 99 mitra yang tersebar di 15 kota di Jawa dan Sumatra.

Bagi Anda yang tertarik bergabung, Chris menawarkan dua jenis paket investasi. Paket pertama Rp 60 juta. Melalui paket ini, mitra dapat fasilitas renovasi dan desain tempat, tiga mesin cuci, dua mesin pengering, dua mesin gosokan, bahan baku deterjen 10 kilogram (kg), parfum pewangi pakaian 5 liter dan deterjen cair 5 liter.Paket investasi kedua Rp 85 juta. Mitra akan dapat fasilitas serupa dengan paket pertama. Tapi, di paket kedua, mitra dapat tambahan satu mesin pengering dan satu mesin gosokan. Paket ini di luar sewa tempat.

Kemitraan berlaku empat tahun. Mitra akan dikenakan royalty fee pada bulan ke-4 Rp 500.000 per bulan. Jika kerjasama berakhir, mitra bisa memperpanjang dengan membayar biaya franchise fee Rp 3 juta per tahun.Meski begitu, Chris bilang, mitra diperbolehkan membeli bahan baku jasa binatu dari pihak luar dengan rekomendasi pusat. Biasannya, pembelian bahan baku bisa 30% dari omzet usaha.

Chris mengklaim, keunggulan Laundry Extra Qilo adalah pengalaman bisnis di bidang ini. "Kami sudah berkecimpung sejak 2002. Jadi, kami telah memahami bisnis binatu," kata Chris.
Laundry Extra Qilo menawarkan jasa mencuci dan gosok pakaian kiloan dengan tarif Rp 7.000-8000 per kg. Lalu untuk jasa cuci eksklusif dibanderol Rp 12.000-Rp 22.000 per kg.Chris mengaku, omzet setiap gerai Laundry Extra Qilo berkisar Rp 16 juta- Rp 18 juta per bulan. Dengan omzet sebesar itu, Chris memperkirakan mitra bisa balik modal dalam jangka waktu 9 hingga 16 bulan.

Khoirusalim, pengamat waralaba berpendapat, dalam berbisnis binatu, sebaiknya tidak hanya sekadar melihat pengalaman induk usaha. Yang paling penting ialah jasa layanan yang diberikan kepada konsumen. "Konsumen sensitif terhadap pakaian pribadi. Penyedia jasa binatu harus lebih berhati-hati ketika mencuci dan merawatnya, katanya.Selain itu, kendala yang acap dialami pebisnis binatu adalah mencari tenaga kerja untuk membantu bisnis jasa binatu. "Faktor gengsi. Banyak orang lebih memilih kerja di pabrik dibandingkan di laundry," katanya.

Laundry Extra Qilo
Ruko Grand California Blok A1 No. 6-7 Batam.
Telp: 0817779977

Sumber : Peluangusaha.kontan.co.id

Kembali | Lihat Semua